FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (KASUS PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA)

YAYAN FAUZI - NIM. 05390II0, (2010) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (KASUS PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (KASUS PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (818kB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NASABAH MENABUNG DI PERBANKAN SYARIAH (KASUS PADA BANK BNI SYARIAH KANTOR CABANG YOGYAKARTA))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (349kB)

Abstract

Kelahiran Bank Islam yang beroperasi berdasarkan sistem bagi hasil sebagai alternatif pengganti bunga pada bank-bank konvensional, ini merupakan peluang bagi umat Islam untuk memanfaatkan jasa bank seoptimal mungkin karena umat Islam berhubungan dengan perbankan yang tenang, tanpa keraguan dan didasari oleh motivasi keagamaan yang kuat di dalam memobilisasi dana masyarakat untuk pembiayaan pembangunan ekonomi umat. PT. Bank Negara Indonesia Syariah atau biasa di sebut dengan nama (BNI Syariah) kantor cabang Yogyakarta yang terletak di Jalan Kusumanegara No 112 Umbulharjo Yogyakarta, merupakan kantor cabang dari PT (persero) BNI Syariah yang mempunyai tugas pokok untuk menghimpun dana dari masyarakat dan kemudian menyalurkannya kembali dalam bentuk pinjaman atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk dan religiusitas terhadap nasabah menabung di Bank BNI syariah kantor cabang Yogyakarta, Penelitian ini merupakan penelitian lapangan. Data yang digunakan adalah data primer yang dikumpulkan melalui kuesioner dan observasi. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan metode regresi berganda. Penelitian ini menyimpulkan bahwa variabel kualitas pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap nasabah menabung di Bank BNI syariah kantor cabang Yogyakarta dan religiusitas tidak berpengaruh terhadap nasabah menabung di Bank BNI syariah kantor cabang Yogyakarta. Hasil pengujian ini menghasilkan koefisien determinasi (R2) sebesar 0.535 yang berarti kualitas pelayanan, nisbah bagi hasil, kualitas produk dan religiusitas dapat menjelaskan variabilitas nasabah menabung di Bank BNI syariah kantor cabang yogyakarta 53,5%. Sedangkan sisanya 46.5% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti oleh penyusun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. H. Syafiq M. Hanafi, S.Ag., M.Ag. 2. M. Yazid Afandi, S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan, nisbah bagihasil, kualitas produk dan religiusitas.
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 03 Apr 2013 14:26
Last Modified: 25 Aug 2016 08:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4390

Actions (login required)

View Item View Item