HURUF AL-ATHFI WA TADARRUJ AT-TARBIYAAH FI SURAH LUQMAN 12-19 (Al-Bahtsu min Haitsu An-Nahwi)

ULIN NUHA, NIM. 06420005, (2010) HURUF AL-ATHFI WA TADARRUJ AT-TARBIYAAH FI SURAH LUQMAN 12-19 (Al-Bahtsu min Haitsu An-Nahwi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

div align= quot;center quot; Ulin Nuha, Huruf Al-A'thfi Wa Tadarruj At-Tarbiyah Fi Surah Al-Luqman 12-19 (Al-Bahtsu Min Haitsu An-Nahwi). Dalam hal penguasaan Bahasa Arab, kita wajib menguasai kaidah dan ilmu-ilmu yang menjadi sumber utama dalam pembelajaran Bahasa Arab. Sebagaimana yang telah disebutkan dalam kitab Qawa'id Al-Asasiyyah karya Ahmad Al-Hasyimi, bahwasanya ilmu-ilmu yang merupakan sumber pokok dalam pembelajaran Bahasa Arab ada dua belas macam. Salah satu diantaranya adalah Nahwu dan Sharaf. Ilmu Nahwupun sangat sentral dalam pemahaman kitab suci Al-Qur'an. Banyak sekali perdebatan yang muncul dikalangan ulam' tafsir yang hal tersebut disebabkan dari pemahaman yang berbeda dalam pemberian makna huruf yang tertulis dalam Al-Quran. Misalnya saja di dalam Surah Ali-Imran ayat 7. Para ulama' berselisih paham dalam pemberian ma'na huruf amp;#1575; amp;#1604; amp;#1608; amp;#1575; amp;#1608; pada kalimat ... amp;#1608; amp;#1575; amp;#1604; amp;#1585; amp;#1575; amp;#1587; amp;#1582; amp;#1608; amp;#1606; amp;#1601; amp;#1609; amp;#1575; amp;#1604; amp;#1593; amp;#1604; amp;#1605; ... . Ada yang berpendapat bahwa huruf amp;#1575; amp;#1604; amp;#1608; amp;#1575; amp;#1608; itu adalah huruf athaf. Adapula yang menafsirkannya dengan huruf isti'naf. Jauh dari pada itu, Al-Qur'an adalah sumber utama ilmu pengetahuan. Al-Qur'an juga telah banyak merekam tatanan kurikulum pendidikan Islam, diantaranya adalah pada Surah Al-Alaq 1-5, Surah Al-Fatihah, Surah Luqman dan lain-lain. Hal inilah yang menggugah ghirah penulis untuk mencoba menelitinya dalam wadah tugas akhir (skripsi). Untuk mendapatkan hasil kesimpulan yang dituju oleh penulis, penulis menggunakan cara penelitian pustaka yang bersifat deskriptif analaisis. permasalahan ditilik dari segi normatifnya yang mencoba untuk melihat susunan huruf-huruf athaf yang ada pada surat Luqman. Kemudian seluruh data dianalisis dengan metode deskripsi yakni mendeskripsikan apa yang termaktub dalam Surat Luqman 12-19 tersebut. Inipun juga dengan menggunakan metode induksi, yaitu mencoba untuk menganalisis apa yang terkandung dalam Surat Luqman 12-19. Dalam ayat (Surat Luqaman 12-19) ini terdapat huruf al-waw al-a'thifah yang berfungsi untuk menyatukan (muthlaq al-jam'i), al-fa' al-athifah yang berfungsi untuk tartib dan muhlah, tsumma al-athifah yang berfungsi untuk tartib, aw al-athifah yang berfungsi untuk tafsil. Sedang huruf-huruf athaf yang lainnya tidak terekan dalam Surat Luqman ayat 12-19. Kesimpulan yang didapat adalah bahwasanya dalam Surat Luqman 12-19 terdapat suatu metode dan bahan ajar pendidikan yang berperan sentral untuk perkembangan anak didik kita. Dimana Luqman sendiri menyampaikannya secara tadarruj (bertingkat). Yang dimana kiranya Luqman melihat umur dan kekuatan berfikir sang anak untuk menerima pendidikannya.Hal ini nampak dari huruf athaf yang terdapat dalam Surat Luqman 12-19.Dimana huruf ini berfungsi untuk merangkai satu nasihat (pendidikan) ke pendidikan yang lebih tinggi derajatnya. Inilah kiranya metode Luqman dalam menyampaikan nasihatnya pada sang anak yaitu dengan metode tadarruj yang secara tidak langsung tergambar dari adanya huruf athaf yang termaktub dalam Surat Luqman 12-19. Hal ini menggambarkan adanya fase-fase dalam pendidikan yang harus kita ketahui. Yang selanjutnya kita akan bisa melihat umur dan kondisi berfikir sang anak dalam menyampaikan keilmuan melalui dunia pendidikan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : DRS. H. A. RODLI, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pemahaman kitab suci Al-Qur'an , Surat Luqman 12-19
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4397

Actions (login required)

View Item View Item