PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Telaah terhadap Buku Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Karya Zakiyuddin Baidhawy)

MUKHLIS HIDAYAT RIFA'I - NIM. 05410036, (2010) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Telaah terhadap Buku Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Karya Zakiyuddin Baidhawy). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Telaah terhadap Buku Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Karya Zakiyuddin Baidhawy))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MULTIKULTURAL (Telaah terhadap Buku Pendidikan Agama Berwawasan Multikultural Karya Zakiyuddin Baidhawy))
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (994kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

ABDULGAFFAR. Bediuzzaman Said Nursi adalah salah satu tokoh pembaruan alam bidang pendidikan pada abad ke XX. Isu bidang endidikan yang diusung berupa reformasi pendidikan kearah integratif,yaitu mengkombinasikan dua ilmu pengetahuan (agama dan umum) yang dianggap terpisah. Corak pembaharuan Nursi adalah pendidikan untuk umat ,baginya, kebodohanlah yang menjadi salah satu penyebab utama kemunduran sehingga dengan sangat mudah umat Islam dijajah dan hidup dalam kekuasaan bangsa asing dinegeri sendiri. Disinilah posisi Said Nursi muncul sebagai pembaharu yang ingin mengadakan perbaikan untuk menyelamatkan iman dan Islam Latar belakang penelitian ini adalah Pertama, penulis melihat bahwa ada hubungan erat antara peran pemikiran ke tokohan dengan persoalan praktisi pendidikan,karena corak pemikiran itu bersifat inovatif dan menjawab kebutuhan zaman. Kedua,ada semacam kesejalanan ide pokok (filosofis) pendidikan yang dituangkan Said Nursi metode-metode dan pendekatan-endekatannya dalam upaya membentuk kepribadian dan menanamkan nilai pendidikan berasaskan ajaran Islam. Ketiga,konsep integralisasi ilmu pengetahuan religius dan modern yang diistilahkan dua sayap keilmuan (twowings) memiliki kesamaan visi dengan tokoh-tokoh kontemporer, yang tentulah konsesnsus itu dapat memberi kontribusi positif bagi aktifitas penelitian untuk mengembangkan metodologi pendidikan Islam. Keempat,bukti-bukti empirik,seperti Said Nursi pernah menjadi guru Madrasah Khur-Khur, mendirikan Universitas Az-Zahra,membuka forum tanya-jawab dengan masyarakat dilembaga informal,serta aktifitas dakwah dan pengajarannya dari satu tempat ketempat lainnya merupakan sebuah indikator bahwa ia adalah seorang praktisi pendidikan. Kelima,pengaruh popularitas Said Nursi sekaligus Magnum Opus-nya Risale-i Nur sedang mendunia yang mana pengaruh tersebut secara proaktif perlu disikapi oleh para metodolog pendidikan Islam,tak terkecuali di nusantara ini.Hasil penelitian menunjukkan:(1)Relevansi engan model pemikiran,dimana model pendidikan Islam Said Nursi sama dengan model pemikiran yang dikemukakan oleh tokoh-tokoh pendidikan Islam seperti: Syed M.Naquib Al-Attas dengan dewsternisasi ilmu ; Ismail Raji Al-Faruqi bebicara tentang Islamisasi Ilmu ;dan Zainuddin Sardar tentang penciptaan suatu sains Islam kontemporer ,yakni berasaskan integralisasi ilmu pengetahuan yang berakar dari fitrah manusia untuk mencari kebahagiaan sejati didunia dan akhirat.(2)Relevansi dengan bahan yang dikaji Said Nursi (Khususnya dalam Risale-iNur).(3) Relevansi metode dan pendekatan pendidikan yang terkandung beberapa metode dalam proses belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing : Dr. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Agama Islam Multikultural
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 20 Aug 2013 07:54
Last Modified: 20 Aug 2013 07:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4407

Actions (login required)

View Item View Item