MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MAM YOGYAKARTA)

Downloads

Downloads per month over past year

ARIF SETIAWAN - NIM. 96473474, (2010) MANAJEMEN PENINGKATAN MUTU PENDIDIKAN ISLAM (STUDI TENTANG SCHOOL BASED MANAGEMENT DI MAM YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (595Kb)
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (413Kb)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)

Abstract

ABSTRAK Fenomena untuk mengadakan perubahan terhadap system pendidikan madrasah telah diwujudkan dengan membentuk madrasah-madrasah model yang diorientasikan sebagai wahana untuk meningkatkan mutu pendidikan madrasah. Salah satu madrasah model yang telah mengembangkan system tersebut adalah Madrasah Aliyah Model Yogyakarta yang merupakan peralihan dari MAN Yogyakarta 3. Lembaga ini telah mengadakan perubahan mendasar pada system manajemennya dan merombak system madrasah yang semula tergantung kepada kebijakan Departemen Agama menjadi mandiri dalam pengembangannya (otonomi sekolah). Dalam mengimplementasikan konsep ini sekolah memiliki tanggung jawab untuk mengelola dirinya di dalam kerangka arah dan kebijakan yang telah dirumuskan pemerintah. Adapun yang menjadi sumber data adalah Kepala Sekolah MAM Yogyakarta, Tim Konsultan, Kepala Tata Usaha, dan Guru. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data melalui metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis data dalam pembahasannya menggunakan metode deskriptif analitik dengan menggunakan metode berfikir induktif dan deduktif. Manajemen peningkatan mutu pendidikan yang diterapkan di MAM Yogyakarta (School Based Management), merupakan bentuk konsep baru dalam manajemen pendidikan. Untuk menerapkan konsep tersebut dibutuhkan perubahan mendasar dari berbagai unsur pendidikan, seperti SDM, kurikulum, sarana prasarana, keuangan, partisipasi masyarakat dan lain sebagainya. Langkah untuk melaksanakan konsep tersebut adalah mensosialisasikan dan memberikan pelatihan kepada SDM-nya agar paham betul konsep School Based Management, memberikan kesempatan para guru dan staf untuk meambah ilmu dan pengalamannya melalui studi lanjut kejenjang yang lebih tinggi. Disamping itu MAM Yogyakarta juga menyusun profil, visi, dan misi, menganalisis kekuatan dan kelemahan yang dimiliki, melaksanakan konsep School Based Management secara bertahap, melakukan monitoring dan evaluasi program yang direncanakan untuk mengetahui tercapai tidaknya rencana tersebut, dan hambatan- hambatan yang dihadapi. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. M. Jamroh Latief
Uncontrolled Keywords: School Based Management, Pendidikan Islam, manajemen Mutu pendidikan, Madrasah Aliyah Model
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Kependidikan Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2013 10:33
Last Modified: 25 Jul 2013 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item