KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SI SLTP KOTA MUNGKID

RAHMAWATI - NIM. 97413744, (2010) KORELASI ANTARA MINAT DAN PRESTASI BELAJAR SISWA PADA BIDANG STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SI SLTP KOTA MUNGKID. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (553kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (284kB)

Abstract

ABSTRAK Belajar dengan minat akan mendorong siswa untuk belajar lebih baik dari pada belajar tanpa minat. Minat ini timbul apabila siswa tertarik akan sesuatu karena sesuai dengan kebutuhannya atau merasakan bahwa sesuatu yang akan dipelajari dirasakan bermakna. Namun bila minat tidak desertai usaha yang baik, maka belajar suli untuk berhasil. Jadi minat dapat menjadi motor penggerak untuk belajar. Besarnya pengaruh minat terhadap hasil belajar hanya dapat diketahui dengan jelas setelah mengadakan penelitian dalam suatu kelas tertentu, karena selain minat ada faktor lain yang mempengaruhi belajar. Subyek penelitian ini adalah minat siswa tempat mendapatkan data dalam penelitian, untuk menentukannya digunakan metode populasi dan metode sample. Untuk mendapatkan data yang dibutuhkan menggunakan metode angket, metode interview, dan metode dokumentasi. Metode Analisa data yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif yaitu menganalisa data dengan menggunakan metode statistic. Minat belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa kelas I dan II SMP Negeri kota Mungkid dengan hasil tinggi ada 7 siswa (11 %), dengan hasil sedang ada 51 siswa (80 %) dan dengan hasil rendah ada 6 siswa (9 %). Ini berarti bahwa minat belajar studi pendidikan agama Islam siswa kelas I dan II pada kategori cukup / sedang. Untuk prestasi belajar belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa kelas I dan II dengan hasil tinggi ada14 siswa (22 %), dengan hasil sedang ada 29 siswa (45 %) dan dengan hasil rendah ada 21 siswa (33 %). Ini berarti bahwa prestasi belajar studi pendidikan agama Islam siswa kelas I dan II pada kategori cukup / sedang. Adanya hubungan positif dan signifikan antara minat dan prestasi belajar pada bidang studi pendidikan agama Islam kelas I dan II SMP Negeri Kota Mungkid artinya semakin besar minat siswa pada bidang studi pendidikan agama Islam maka semakin tinggi prestasi yang diperoleh atau tinggi rendahnya prestasi siswa erat sekali kaitannya dengan besar kecilnya minat siswa. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. Soejadi
Uncontrolled Keywords: korelasi, minat, prestasi belajar, siswa SMP Negeri Mungkid, studi pendidikan agama Islam
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 25 Jul 2013 10:00
Last Modified: 17 Mar 2017 09:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4569

Actions (login required)

View Item View Item