METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL- MA'HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA

SRI MULYANI - NIM. 97423696, (2010) METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL- MA'HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL MA'HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (511kB) | Preview
[img] Text (METODE PENGAJARAN KITAB KUNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAHIRAN MEMBACA TEKS BAHASA ARAB SISWA MTS AL MA'HAD AN-NUR BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (315kB)

Abstract

MTs al-Ma'had an-Nur Ngrukem sebagai lembaga formal telah memadukan kurikulum Departemen Agama dengan kurikulum local yang berupa pengajaran kitab kuning yang bertujuan untuk membantu siswa dalam memahami kitab-kitab atau buku-buku berbahasa arab dan juga sebagai sarana yang efektif untuk membiasakan membaca teks-teks berbahasa arab lainnya. Dari sini perlu diteliti tentang metode pengajaran kitab kuning dan pengaruhnya terhadap kemahiran membaca teks berbahasa arab. Dalam penelitian ini menggunakan teknik sample random, dan subyek datanya adalah Kepala Sekolah, Guru kitan kuning, dan siswa kelas II MTs al-Ma'had an-Nur berjumlah 46 siswa. Metode pengumpulan datanya melalui metode observasi, metode interview, metode kuesioner, metode dokumentasi, dan test. Analisa data yang digunakan adalah metode kualitatif yang menggunakan tehnik berfikir deduktif dan induktif, dan metode kuantitatif dengan menggunakan analisa data statistic. Metode yang digunakan dalam pengajaran kitab kuning di MTs al-Ma'had an-Nur adalah metode membaca, metode grammer dan terjemah, metode tanya jawab dan metode diskusi. Ada pengaruh yang signifikan antara metode pengajaran kitab kuning dan kemahiran membaca teks berbahasa arab. Ini didasarkan dari perhitungan skor nilai rekapitulasi hasil angket dengan skor nilai kemahiran membaca teks berbahasa arab dan menghasilkan nilai sebesar 0,948, kemudian nilai tersebut dikonsultasikan kepada table nilai r prodact moment dengan mempergunakan df 45. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. Mualif Syahlani
Uncontrolled Keywords: metode pengajaran, kitab kuning, kemahiran membaca teks berbahasa arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Dec 2012 12:13
Last Modified: 05 Apr 2017 03:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4571

Actions (login required)

View Item View Item