PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK MODERN DARUSALLAM GONTOR TAHUN 1936-1963

TOTO HENDARTO - NIM. 97413712, (2010) PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK MODERN DARUSALLAM GONTOR TAHUN 1936-1963. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK MODERN DARUSALLAM GONTOR TAHUN 1936-1963 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (429kB) | Preview
[img] Text (PEMBAHARUAN SISTEM PENDIDIKAN ISLAM DI PONDOK MODERN DARUSALLAM GONTOR TAHUN 1936-1963 )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (456kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Sistem pendidikan adalah komponen pendidikan yang terdiri dari kurikulum, metode pengajaran, tujuan, sarana prasarana, dan lain-lain. Sedang pendidikan Islam adalah arahan dan bimbingan terhadap anak didik, baik jasmani ataupun rohani agar bertingkah laku sesuai ajaran Islam. Hal ini sesuai dengan definisi yang diputuskan pada seminar pendidikan Islam se-Indonesia tahun 1960 di Bogor, bahwa pendidikan Islam adalah bimbingan terhadap pertumbuhan rohani dan jasmani menurut ajaran Islam dengan hikmah, mengarahkan, mengajar, melatih, mengasuh , dan mengawasi berlakunya semua ajaran Islam. Metode penelitian yang digunakan adalah metode histories, yang mempunyai hubungan erat dengan analisa dokumen yang merupakan salah satu jenis dari metode deskriptif, oleh karena itu dalam analisa dokumen menggunakan langkah-langkah yaitu heiristik, interpretation, dan darstellung yaitu penyajian hasil-hasil. Agar interpretasi tetap ilmiah maka ditempuh dengan cara berpikir induktif dan deduktif. Bahwa yang melatar belakangi terjadinya pembaharuan system pendidikan di Pondok Modern Darussalam Gontor adalah keinginan untuk meningkatkan dan mengembangkan kualitas pendidikan. Pesantren Gontor yang hanya mengajarkan ilmu pengetahuan agama ternyata belum bisa melahirkan alumni yang tangguh dalam segala bidang. Maka dari sini pesantren Gontor merubah system pendidikannya yaitu dengan mengintegrasikan system pesantren dengan system madrasah. Tujuan dari pengintegrasian ini adalah untuk saling melengkapi dan mengisi, sehingga pada akhirnya pendidikan di Pondok Gontor dapat menghasilkan output yang maksimal, yaitu orang yang pandai agama dan tidak bodoh pengetahuan umum serta berguna bagi agama, masyarakat, dan bangsa. Aspek-aspek yang diperbarui adalah system pendidikan yang terdiri dari tujuan pendidikan, materi, metode pengajaran, bahasa serta ditanamkan nilai-nilai yang disebut sebagai panca jiwa pondok modern. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Tasman Hamami, MA.
Uncontrolled Keywords: pembaharuan system pendidikan Islam, Pondok Modern Gontor
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 02 Jan 2013 13:46
Last Modified: 02 Jan 2013 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4572

Actions (login required)

View Item View Item