PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (IMPLIKASI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM)

NAELATUS SALAMAH - NIM. 98474104 , (2010) PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (IMPLIKASI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (IMPLIKASI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM) )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PEMIKIRAN MUHAMMAD QUTUB TENTANG PENDIDIKAN ISLAM (IMPLIKASI DALAM PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN ISLAM) )
BAB II, BAB III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (825kB)

Abstract

Pendidikan Islam yang dikembangkan dewasa ini bukan lagi ditegakkan atas pondasi intelektual, spiritual yang kokoh dan dinamis. Sistem pendidikan Islam yang dikembangkan di Negara-negara Islam adalah bercorak dikotomi yang memisahkan antara ilmu agama dan ilmuumum, tanpaadanya kesadaran yang kaffah terhadap realitas Tuhan, alam dan manusia. Pendidikan Islam yang seharusnya dapat menjawab tantangan jaman karena memiliki multidimensi (profane dan immanen), dalam realitasnya tidak mampu menampilkan citra dirinya secara tegas. Padahal kehadiran pendidikan Islam sangat dibutuhkan untuk menjamin kelangsungan hidup dan eksistensi masyarakat Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research), sumber datanya dari data primer dan sekunder. Metode analisis yang digunakan adalah metode interpretasi, metode induksi dan deduksi. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan histories dan filosofis. Corak pemikiran Muhammad Qutub dipengaruhi oleh latar belakang pengalaman intelektualnya. Ia mempunyai pandangan bahwa pendidikan Islam adalah pendidikan manusia seutuhnya, akal dan hatinya, rohani jasmani, akhlak dan ketrampilannya, serta segala aktivitasnya, baik berupa aktivitas pribadi maupun hubungan dengan masyarakat dan lingkungannya berdasarkan nilai-nilai moral Islam. Muhammad Qutub mempunyai karakter pemikiran yang integral, sistematis dan filosofis. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Nurrohmah
Uncontrolled Keywords: pendidikan Islam, Muhammad Qutub, pengembangan kurikulum
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Feb 2013 09:30
Last Modified: 20 Mar 2017 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4711

Actions (login required)

View Item View Item