PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA NGLEMPONGSARI SLEMAN

AIDA HIKMAWATI - NIM. 96413227, (2010) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA NGLEMPONGSARI SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA NGLEMPONGSARI SLEMAN )
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (697kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI PENYANDANG CACAT MENTAL DI SLB DHARMA RENA RING PUTRA NGLEMPONGSARI SLEMAN )
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap umat manusia, baik yang normal maupun mereka yang mempunyai kealinan fisik atau mental. Dengan demikian bagi penyandang cacat juga mempunyai hak yang sama dalam masalah pendidikan. Agar penyandang cacat mempunyai perkembangan yang wajar pada fungsi sosialnya, maka pendidikan yang diberikan tidak terbatas pada bimbingan kecerdasan dan keterampilan saja, tetapi juga bimbingan mental spiritual atau pendidikan agama. Pengamalan pendidikan agama Islam akan berjalan dengan baik dengan mengacu pada 3 ranah (daerah binaan) yaitu ranah kognitif, afektif dan spikomotorik. Dalam melaksanakan pengajaran Pendidikan agama Islam pada SLB diperlukan persiapan yang baik, dalam hal materi, metode serta memahami keadaan peserta didik yang dalam hal ini para penyandang kelainan embisil. Skripsi ini berisi tentang pendidikan agama Islam di tinjau dari aspek psikomotorik pada penyandang cacat mentalmdi SLB C1 Dharma Rena Ring Putra, Nglempong Sari, Sleman. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah dengan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisis data yang di pakai adalah analisis kualitatif dan teknik yang digunakan adalah teknik deskriptif analisis dengan menggunakan cara berfikir induktif. Pendidikan agama Islam di SLB C1 Dharma Rena Ring Putra mencakup semua pelajaran agama Islam, namun dengan materi yang sederhana dan mendasar. Metode dalam penyampaian kepada siswa dengan ceramah, Tanya jawab, metode driil, metode demonstrasi dan karyawisata. Dari aspek psikomotorik hasil peserta didik sudah cukup memuaskan, namun terdapat kendala yang menghambat proses pembelajaran yaitu belum adanya kurikulum dan buku diktat khusus untuk penyandang cacat mental C1; waktu pendidikan agama Islam yang terbatas dan latar belakang guru yang kurang sesuai untuk mengajar pendidikan agama Islam pada anak-anak cacat mental.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Prof. Drs. H. Anas Sudijono
Uncontrolled Keywords: pendidikan agama Islam, penyandang cacat mental, SLB
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Feb 2013 22:26
Last Modified: 22 Feb 2013 22:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4736

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum