PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGKAT SLTP DI KABUPATEN KEBUMEN

LILI WAHYUNI - NIM. 96473454, (2010) PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGKAT SLTP DI KABUPATEN KEBUMEN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGKAT SLTP DI KABUPATEN KEBUMEN (ANALISIS PERBANDINGAN DALAM PERSPEKTIF SCHOOL BASED MANAGEMENT DI TIGA SLTP))
BAB I, V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (764kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN LEMBAGA PENDIDIKAN TINGKAT SLTP DI KABUPATEN KEBUMEN (ANALISIS PERBANDINGAN DALAM PERSPEKTIF SCHOOL BASED MANAGEMENT DI TIGA SLTP))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (745kB)

Abstract

Bagi Daerah Kabupaten Kebumen yang memiliki pendapatan asli daerah (PAD) sangat minim,desentralisasi pendidikan menjadi tantangan yang berat. Terlebih lagi dengan minimnya sumber daya manusia, terutama dari tenaga edukatifnya yang siap melaksanakan proses pendidikan secara mandiri, dan diupayakan untuk menghasilkan output yang berkualitas. Akan tetapi ini merupakan langkah yang harus dilaksanakan, agar dimasa mendatang mampu memiliki kader-kader daerah yang betul-betul memiliki kualitas serta tingkat ketrampilan yang mumpuni. Penelitian ini mengambil obyek penelitian di MTsN Model Kebumen I, SLTP I Kebumen karena sekolah tersebut adalah unggulan di Kabupaten Kebumen, dan juga SLTP Muhammadiyah I Kebumen sebagai sekolah swasta yang mandiri dalam pengelolaannya. Dalam mengumpulkan data yang dibutuhkan menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi.Untuk menganalisis data menggunakan metode deskriptif analitik dan metode komparatif. Pelaksanaan School Based Management (BSM) di SLTPN I Kebumen sudah berjalan dengan baik, dan keberhasilan ini didukung oleh berbagai pihak yaitu adanya partisipasi masyarakat/wali murid yang tidak hanya menyangkut factor dana tetapi juga factor perhatian pendidikan putra putrinya dalam kegiatan sekolah, guru, dan pengelola pendidikan yang berkualitas sehingga mampu mewujudkan pendidikan secara optimal. Kepemimpinan kepala sekolah yang demokratis mampu mengkoordinasikan dan menggerakkan sumber daya pendidikan yang tersedia, serta tercukupinya dana dan sarana prasarana, dan terlaksanya agenda edukatif yang tersetruktur dan terencana dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Drs. H. Hamruni, MA.
Uncontrolled Keywords: pengembangan lembaga pendidikan, School Based Management
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User: Miftakhul Yazid Fuadi [staff it]
Date Deposited: 25 Feb 2013 21:18
Last Modified: 17 Mar 2017 11:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4745

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum