KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN

MURYANTO - NIM. 91411848, (2010) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (226kB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM MENURUT IBNU KHALDUN)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (519kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Ilmu dan pendidikan bagi Ibnu Khaldun merupakan salah satu gejala social yang menjadi ciri khas masyarakat insani. Ia telah meletakkan azas yang praktis ralistis dan ilmiah dala bidang pendidikan. Ia menjelaskan bahwa dalam pendidikan terdapat interaksi cultural secara umum dan peningkatan perkembangan akal melalui aktifitasnya, dimana hal ini akan melahirkan berbagai ilmu pengetahuan. Proses interkasi antara akal dengan aspek-aspek pengetahuan ini akan berlangsung secara konstan tanpa batasan. Ibnu Khaldun juga telah mengklasifikasikan ilmu berdasarkan materi yang dibahas di dalamnya dan mengukur urgensi bagi yang mempelajarinya. Dengan klasifikasi tersebut ia merencanakan kurikulum yang sesuai guna memenuhi secara mencapai tujuan. Dalam skripsi ini mengkaji konsep-konsep pemikiran Ibnu khaldun dalam bidang pendidikan. Kajian ini bersifat penelitian kepustakaan (library research) dengan pendekatan histories dan filosofis. Untuk analisa data menggunakan metode deduktif metode induktif. Hasil pengkajian menunjukkan, konsep pendidikan Ibnu Khaldun mempunyai arah yang jelas yaitu mencoba membawa umat manusia untuk bias bersosialisasi dengan realitas yang ada di sekitarnya yang meliputi realitas yang adi kuasa, material, spiritual, benda-benda, hewan dan manusia, dengan cara yang lebih baik. Pemikiran pendidikan yang diajukan Ibnu Khaldun yaitu al- amp;#8216;umm al-hukmiyyah al-falsafiyyah. Konsep pendidikan yang ditawarkan sangat berpengaruh dan berperan dalam pengetahuan dan peradaban yang berkembang sampai sekarang. Pendekatan konsep pendidikannya adalah bahwa manusia dalam berpendidikan sangat berkaitan erat dengan dirinya, kehidupan social di sekitarnya, spesialisasi yang dipunyai sehingga tercipta peradaban selanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Roihan Achwan, SH., MA.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam, Ibnu Khaldun
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 18 Feb 2013 11:24
Last Modified: 18 Feb 2013 11:25
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4751

Actions (login required)

View Item View Item