PEMBINAAN NILAI AGAMA ISLAM BERDASARKAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK (STUDI KASUS DI TAMAN ASUH ANAK TERPADU INSAN MULIA YOGYAKARTA)

TITI QUROTIN - NIM. 96413215, (2010) PEMBINAAN NILAI AGAMA ISLAM BERDASARKAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK (STUDI KASUS DI TAMAN ASUH ANAK TERPADU INSAN MULIA YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMBINAAN NILAI AGAMA ISLAM BERDASARKAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK (STUDI KASUS DI TAMAN ASUH ANAK TERPADU INSAN MULIA YOGYAKARTA) )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (615kB) | Preview
[img] Text (PEMBINAAN NILAI AGAMA ISLAM BERDASARKAN PERKEMBANGAN EMOSI ANAK (STUDI KASUS DI TAMAN ASUH ANAK TERPADU INSAN MULIA YOGYAKARTA) )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (278kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Menurut Glock dan Stark bahwa ada lima dimensi keberagamaan yaitu dimensi keyakinan (ideologis), peribadatan atau praktek agama (ritualistic), penghayatan (eksperiansial), pengalaman (konsekuensional), pengetahuan agama (intelektual). Menurut Jamaluddin Ancok dan Fuat Nashori Suroso berpendapat bahwa untuk memahami Islam dan umat Islam, konsep yang tepat adalah konsep yang mampu memahami adanya beragam dimensi dalam Islam. Dan keduanya menganggap bahwa rumusan Glock dan Strak mempunyai kesesuaian dalam Islam, walaupun tak sepenuhnya sama, dimensi keyakinan dapat disejajarkan dengan akidah, praktik agama dengan peribadatan atau syariah dan pengamalan disejajarkan dengan akhlak. Dalam penelitian ini jumlah populasinya sebanyak 38 responden, dan dalam pengumpulan data melalui metode angket, metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Metode analisa data yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif dengan menggunakan rumus statistic sederhana dan sebagai pelengkap, metode pembahasannya menggunakan pola pikir induktif, dan deduktif. Metode yang digunakan oleh para guru di Taman Asuh Anak Terpadu Insan Mulia Yogyakarta merupakan metode yang dianggap sesuai dengan perkembangan emosi anak. Nilai-nilai agama Islam yang dibina dan dikembangkan meliputi nilai akidah/keimanan, nilai akhlak, dan nilai ibadah. Dalam pemberian materi memilih metode yang sesuai dengan materi itu sendiri dengan memperhatikan tingkat perkembangan anak terutama perkembangan emosinya sehingga terjadi kesesuaian antara materi dan metode yang diberikan. Evaluasi hasil belajar yang dilakukan dengan memilih bintang dengan criteria anra lain keimanan dan ketaqwaan, bahasa, daya piker, ketrampilan, jasmani. Pemilihan bintang dilakukan tiap hari melalui perilaku anak dalam keseharian di lingkungan sekolah termasuk ekspresi emosi anak dalam setiap aktivitas belajar dan bermain. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Hj. Siti Barirotun
Uncontrolled Keywords: pembinaan nilai agama Islam, perkembangan emosi anak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 21 Feb 2013 09:55
Last Modified: 21 Feb 2013 09:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4766

Actions (login required)

View Item View Item