PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM

ADE HIDAYATULLAH - NIM. 94322207, (2010) PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (362kB) | Preview
[img] Text (PEMASARAN BERTANGGUNG JAWAB SOSIAL MENURUT SYARI'AT ISLAM )
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)

Abstract

Cara-cara pemasaran melalui kemasan produk yang berlebihan dan advertensi (iklan) manipulatif dapat mengancam kemaslahatan umat manusia yang menjadi tujuan utama syari'at Islam. Dalam kemasan produk, meskipun berguna sebagai pelindung isi dan mampu memuaskan konsumen, akan tetapi mudah sekali menjadi limbah berupa sampah, yang apabila dibiarkan akan mengganggu kesehatan masyarakat secara fisik. Sedagkan tindakan-tindakan manipulatif dan penggunaan metode yang menyesatkan dalam iklan-iklan yang ditayangkan di televise saat ini, cepat atau lambat pengaruhnya akan mengancam tujuan syari'at Islam. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dan bersifat deskriptif analitik. Adapun data diperoleh melalui populasi dan sample, dan cara pengumpulan datanya dengan cara observasi dalam bentuk pengamatan terkendali. Data yang dikumpulkan dari hasil observasi disajikan secara deskriptif dengan menggunakan pendekatan normative. Pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam merupakan cara pemasaran yang didasarkan pada asas teori social Islam, berupa prinsip bahwa kepentingan masyarakat harus lebih diutamakan daripada kepentingan individu. Cara-cara pemasaran produk perlengkapan mandi melalui dua alat pemasaran yang berupa kemasan dan advertensi (iklan) di Televisi, tidak sesuai dengan langkah-langkah pemasaran bertanggung jawab social menurut syari'at Islam, terutama dengan langkah kedua mengenai cara-cara pemasaran yang harus sesuai dengan tuntutan syari'at Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Prof. Drs. Zarkasyi Abdul Salam 2. Drs. Supriatna
Uncontrolled Keywords: pemasaran, bertanggung jawab social, syari'at Isl
Subjects: Muamalat
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Muamalah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 Feb 2013 08:40
Last Modified: 13 May 2016 02:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item View Item