AJARAN DAN PEMIKIRAN DALAM AKIDAH ISLAM

KUSMIN BUNYARI, (2008) AJARAN DAN PEMIKIRAN DALAM AKIDAH ISLAM. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 33 Th. 1985/.

[img]
Preview
Text
05. KUSMIN BUSYARI - AJARAN DAN PEMIKIRAN DALAM AKIDAH ISLAM.pdf - Accepted Version

Download (12MB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Memang tidak pernah dan tidak jelas dinyatakan, tetapi dari gejala dan sikap yang nampak diantara kaum Muslimin dapat ditarik mekna tentang adanya anggapan, bahwa seluruh aspek permasalahan dan pemikiran para ahlinya (mutakalimin) di dalam Ilmu Kalam, merupakan ajaran akidah Islam. Sebenarnya tidak demikian, tidak semua aspek permasalahan dan pemikiran para mutakalimin itu sebagai ajaran akidah Islam. Dari kesemuanya itu, memang ada yang ajaran (ajaran akidah Islam) tetapi ada pula yang pemikiran (pemikiran akidah Islam). Antara keduanya berbeda dan harus dibedakan. Sebab, ajaran sebagai divine acts merupakan kebenaran mutlak dan mengikat secara mutlak. Sedangkan pemikiran sebagai human acts tentu hanya merupakan kebenaran relatif dan mengikat secara relatif pula. Atas dasar adanya gejala anggapan seperti diungkapkan di atas itulah, maka tulisan ini disampaikan. Mempermasalahkan antara ajaran akidah Islam dan pemikirannya, akan lebih jelas kalau disajikan terlebih dahulu sekitar ajaran pokok di dalam Islam itu sendiri. Islam adalah agama yang tegak di atas dua dasar ajaran pokok yang dibawanya, yaitu akidah dan syariah. Keduanya bersumberkan Al-Quran dan Hadits. Akidah - sebagai pokok pembahasan adalaha sesuatu (ajaran) yang hati nurani seseorang terikat padanya. Atau, sesuatu (ajaran) yang menjadikan manusia beragama dan terikat kepadanya. Maka kalau dikatakan ajaran akidah Islam berarti, ajaran Islam tentang pokok-pokok keimanan yang terangkum dalam insitusi keimanan (credo institution/rukun iman) yang mutlak benar dan mutlak mengikat, sehingga ia harus diyakini, dinyatakan dan diwujudkan ke dalam perbbuatan. Oleh karena itu, pelaksanaan aspek syariah baik berupa akidah-akidah murni, seperti shalat, puasa dan sebagainya maupun kaidah-kaidah kemasyarakatan lainnya, seperti ikatan perkawinan, waris-mewaris dan sebagainya, tidak boleh ke luar dari ketentuan-ketentuan akidah tersebut. Dengan kata lain, pelaksanaan aspek syariah itu tidak akan berdimensi vertikal - selain yang horisontal- kecuali dilandasi dengan akidah yang benar. denngan demikian, akidah yang menduduki posisi pertama harus diyakini oleh setiap orang mumin. Sedangkan pemikiran akidah Islam adalah ketetapan-ketetapan hasil pemikiran yang diyakini sebagai kebenaran berdasarkan dalil yang tekstual dan rasional tentang pokok-pokok ajaran akidah itu sendiri. Dari pengertian (batasan) tersebut, jelas adanya perbedaan antara keduanya (ajaran dan pemikiran) dan karenanya, perlu diutarakan sekitar aspek-aspek perbedaannya itu. b

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ajaran, Pemikiran, Akidah, Islam
Subjects: Al Jamiah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2013 09:31
Last Modified: 10 Apr 2013 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/500

Actions (login required)

View Item View Item