UPAYA TERAPIS DALAM MENGATASI KESULITAN HIDUP (STUDY KASUS 3 ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SLTPLB DI SLB C NEGERI 2 YOGYAKARTA)

EKA SITI ROFIQOH - NIM. 05220003, (2010) UPAYA TERAPIS DALAM MENGATASI KESULITAN HIDUP (STUDY KASUS 3 ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SLTPLB DI SLB C NEGERI 2 YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (UPAYA TERAPIS DALAM MENGATASI KESULITAN HIDUP (STUDY KASUS 3 ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SLTPLB DI SLB C NEGERI 2 YOGYAKARTA))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (621kB) | Preview
[img] Text (UPAYA TERAPIS DALAM MENGATASI KESULITAN HIDUP (STUDY KASUS 3 ANAK TUNAGRAHITA RINGAN KELAS III SLTPLB DI SLB C NEGERI 2 YOGYAKARTA))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (233kB)

Abstract

Setiap orang tua pasti menginginkan anak yang dilahirkannya memiliki fisik dan mental yang baik. Dengan cita-cita anaknya kelak akan menjadi manusia yang berguna di masyarakat, bukan menjadi beban masyarakat ataupun menjadi sampah masyarakat, namun harapan kadang tidak sesuai dengan kenyataan yang ada. Ternyata anaknya lahir dalam keadaan cacat. Tentu hal ini menyebabkan kekecewaan pada akhirnya mau tidak mau orang tua harus bersikap realistis dan mulai memikirkan masa depan anak. Keterbatasan yang dimiliki oleh anak cacat mental membawa pengaruh pada terhambatnya proses penyesuaian diri pada lingkungan sosialnya. Di samping itu anak cacat mental juga memiliki kesulitan dalam mengurus diri sendiri. Mereka membutuhkan bantuan dari orang lain, terutama orang tuanya, untuk itu penting bagi orang tua untuk mengasuh anaknya yang cacat mental mdengan perhatian yang membantu anak Tunagrahita untuk membangun rasa kepercayaan dirinya, dapat bersosialisasi dengan lingkungannya, sehingga mereka mampu mengurus dirinya sendiri dan mengurangi ketergantungan kepada orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan hidup yang dialami oleh Anak Tunagrahita Ringan Kelas 3 SLTPLB di SLB C Negeri 2 Yogyakarta, serta mengetahui upaya atau solusi apa saja yang diberikan guru atau terapis di SLB C Negeri 2 Yogyakarta dalam mengatasi berbagai kesulitan hidupnya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang dilakukan secara langsung terhadap obyek yang diteliti. Sumber data penelitian ini adalah Anak Tunagrahita Ringan Kelas 3 SLTPLB di SLB C Negeri 2 Yogyakarta yang berjumlah 3 orang anak yang mempunyai berbagai macam kesulitan hidup. Diantaranya kesulitan komunikasi, kesulitan bina diri, kesulitan bicara, dan lain-lain. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan observasi. Analisa data menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mengelola data dan diteliti serta memberikan interpretasi terhadap data itu ke dalam suatu kebulatan yang utuh dengan menggunakan kata-kata, sehingga dapat menggambarkan obyek penelitian saat dilakukannya penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Casmini, S.Ag., M.Si.
Uncontrolled Keywords: terapi, kesulitan hidup, anak tunagrahita, SLB C
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 04 Mar 2013 17:06
Last Modified: 23 Oct 2015 11:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5052

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum