POLA PENGEMBANGAN PRODUK BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJERIAL

ANJARINI MANDASARI - NIM. 05240016, (2010) POLA PENGEMBANGAN PRODUK BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJERIAL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (POLA PENGEMBANGAN PRODUK BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJERIAL (STUDI KASUS DI BRI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (748kB) | Preview
[img] Text (POLA PENGEMBANGAN PRODUK BANK SYARIAH DALAM MENINGKATKAN KUALITAS MANAJERIAL (STUDI KASUS DI BRI SYARIAH CABANG YOGYAKARTA))
BAB II.III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (423kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pola pengembangan produk Bank Syariah pada BRI Syariah Cabang Yogyakarta, sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai upaya meningkatkan kualitas manajerial di BRI Syariah. BRI Syariah merupakan Bank ke empat yang beroperasi secara syariah di industi perbankan Indonesia. Sebagai bank yang belum lama beroperasi membentuk unit usaha syariah, maka BRI Syariah perlu merancang produk-produk mereka untuk menetapkan keputusan strategis bagi produk dan operasional bank syariahnya agar mampu sejajar dengan bank konvensional yang sudah ada terlebih dahulu. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode kualitatif, Deskriptif kualitatif yaitu menjelaskan dan menguraikan data-data yang telah dikumpulkan. Metode pengumpulan data dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan pada Assistant of Opertional Manager (AMO), staf pemasaran, operasional pelayanan nasabah, dan nasabah BRI Syariah Cabang Yogyakarta. Keabsahan data dengan menggunakan teknik uji triangulasi. Analisis data menggunakan tahapan pengembangan produk dari William J Stanton serta tahapan dari Boyd, Walker, dan Larreche. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengembangan produk BRI Syariah merupakan rancangan BRI Syariah dalam mengembangkan produk melalui proses perencanaan perusahaan untuk mengetahui keinginan pasar, menetapkan keputusan yang strategis dalam pembentukan produk, memperbaiki produk, bahkan membuat inovasi produk-produk baru sebagai upaya peningkatan kualitas layanan dan produk jasa perbankan syariah. Melalui prinsip syariah pada pola pengembangan produknya, maka produk-produk bank syariah dapat memberikan variasi yang halal dan baik untuk kemaslahatan masyarakat secara umum. Dapat diketahui pula, upaya yang berkaitan dengan pengembangan produk menghasilkan kinerja manajemen BRI Syariah Cabang Yogyakarta mengarah pada pelaksanaan kegiatan berupa peningkatan produk dan perbaikan fasilitas jasa layanan BRI Syariah melalui produk-produk baru yang ditawarkan, akses teknologi yang dikembangkan, dan profesional kinerja karyawan yang lebih baik. Hal ini sebagai wujud meningkatkan kualitas manajerial di BRI Syariah.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Hj. Mikriani, MM.
Uncontrolled Keywords: pengembangan produk, Bank Syariah, kualitas manajerial
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 27 Feb 2013 14:47
Last Modified: 11 Jan 2017 02:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5073

Actions (login required)

View Item View Item