KOMUNIKASI PERSUASIF PADA RUBRIK "PERJALANAN MENJADI KYAI" DI SURAT KABAR MINGGU PAGI

MUHAMMAD FARHAN - NIM. 04210056, (2010) KOMUNIKASI PERSUASIF PADA RUBRIK "PERJALANAN MENJADI KYAI" DI SURAT KABAR MINGGU PAGI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI PERSUASIF PADA RUBRIK -PERJALANAN MENJADI KYAI- DI SURAT KABAR MINGGU PAGI )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI PERSUASIF PADA RUBRIK -PERJALANAN MENJADI KYAI- DI SURAT KABAR MINGGU PAGI )
BAB II,IIIf.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)

Abstract

Perkembangan media massa saat ini menjadi kebangkitan bangsa pasca reformasi dalam membentuk masyarakat yang madani sebagai bangsa yang beradab dan memiliki jiwa tanggung jawab baik untuk dirinya sendiri maupun untuk orang lain. Media massa saat ini berperan besar dalam meningkatkan minat baca dalam masyarakat sekaligus memberikan informasi-informasi baru yang selalu terjadi dalam setiap detik, menit, bahkan mili detik. Dan untuk mengetahuinya tersebut dalam hal ini penulis memfokuskan dalam media massa cetak yaitu surat kabar atau koran agar meningkatkan minat baca masyarakat yang selama ini sulit sekali ditingkatkan apalagi dibudayakan, hal ini menjadi masalah besar dalam bangsa ini. Bukankah perintah Allah yang pertama kali datang kepada Baginda Nabi Muhammad Saw adalah Iqro yang artinya bacalah. Dari membaca itulah ada efek menjadi tahu dan faham apa yang kita baca. Adapun surat kabar yang akan menjadi objek penelitian penulis nantinya adalah Surat Kabar Mingguan Minggu Pagi yang terbit pada hari Jum'at saja dan beralamat di Jalan. P. Mangkubumi 40-42 Yogyakarta, kode pos 553125. Apalagi melihat banyaknya media cetak yang sedang berkembang menambah variasi untuk pembaca sesuai seleranya masing-masing dan tentunya dari berbagai pihak yang memiliki media cetak tersebut ada yang mempunyai inisiatif untuk mengembangkan dakwah Islam dengan membuat misalnya saja, buletin tiap jum'atnya, atau memberi ruang khusus untuk kolom yang bernuansa dakwah dalam surat kabar. Dari situlah penulis tertarik dengan adanya beberapa media cetak yang masih ingin mengembangkan nilai-nilai dakwah selama ini, dari situ penulis tertarik untuk membuat judul skripsi ini dengan judul Komunikasi Persuasif Dalam Rubrik Perjalanan Menjadi Kyai dengan menggunakan lima teknik yang dikemukakan oleh Drs. Sunaryo dalam buku Psikologi Dakwah yaitu, Cognitive Dissonance, Pay off and Fear Hearing, Emphaty, Packing, dan Asosiasi. Fokus dalam penelitian ini nantinya adalah mengumpulkan kalimat-kalimat dari 17 rubrik yang penulis pilih yang mengandung kelima teknik tersebut, rubrik ini juga menjadi objek penelitian dalam skripsi ini. Adapun alasan penulis mengambil judul tersebut adalah untuk melihat bagaimana penerapan kelima teknik itu dalam surat kabar Minggu Pagi sekaligus mengambil nasehat-nasehat agama yang disampaikan kepada pembaca dalam memantapkan ketakwaannya kepada Allah Swt.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. H. M. Kholili, M.Si. 2. Saptoni, S.Ag., MA.
Uncontrolled Keywords: komunikasi persuasif, rubrik, Surat Kabar
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 15 Feb 2013 16:41
Last Modified: 16 Oct 2015 10:30
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5095

Actions (login required)

View Item View Item