SEGMENTASI PENDENGAR ACARA NGAJI BARENG MAS IIP DI RRI PRO 2 YOGYAKARTA

MUTTAQIN - NIM. 06210038, (2010) SEGMENTASI PENDENGAR ACARA NGAJI BARENG MAS IIP DI RRI PRO 2 YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (SEGMENTASI PENDENGAR ACARA NGAJI BARENG MAS IIP DI RRI PRO 2 YOGYAKARTA )
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (716kB) | Preview
[img] Text (SEGMENTASI PENDENGAR ACARA NGAJI BARENG MAS IIP DI RRI PRO 2 YOGYAKARTA )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (733kB)

Abstract

Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin pesat, munculya karya dan teknologi baru, disertai dengan adanya era globalisasi, kiranya sulit untuk menafikan program siaran pada media, baik itu media cetak maupun elektronik. Hadirnya media, baik itu televisi, radio, surat kabar atau internet, pada dasarnya merupakan manifestasi sebuah peradaban dan kebudayaan manusia itu sendiri, ia hadir begitu cepat hingga sampai kepelosok desa yang terpencil sekalipun. Media hadir pada posisi netral, ia akan menyiarkan atau menampilkan sebuah cerita atau hal apapun yang baru dan fenomena yang sedang terjadi pada saat itu. Radio adalah salah satu alat komuniksi yang digunakan masyarakat. Fungsi radio adalah menyiarkan program acara, baik berupa informasi atau hiburan. Radio Republik Indonesia (RRI) Pro 2 Jogja, mempunyai komitmen yang sangat besar dalam upaya mengajak pendengar agar menjalankan hidupnya tanpa harus meninggalkan ajaran-ajaran agamanya, dengan menyelenggarakan Acara siaran quot;Ngaji bareng mas Iip quot; yang langsung disiarkan setiap Selasa Malam dari Jam 19.30- 21.00 WIB. Acara yang berdurasi selama satu setengah jam ini, mendapat respon baik dari pendengar, bahkan banyak pendengar baik di usia muda atau tua, bertanya masalah yang dihadapinya. Dengan demikian, saya tertarik untuk meneliti tentang quot;Segmentasi pendengar acara ngaji bareng mas Iip di RRI Pro 2 Jogja quot; tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui segmentasi pendengar acara ngaji bareng mas Iip di RRI Pro 2 Jogja, dengan melalui metode penelitian melalui subjek atau objek penelitian, sumber data, tehnik pengumpulan data, baik itu dokumentasi dan wawancara, serta analisis data. Data dianalisis dengan tehnik segmentasi pendengar, kemudian dibentuk penataan hingga penetapan segmentasi pendengar acara tersebut. Dari penelitian tersebut, segmentasi pendengar acara ngaji bareng mas Iip meliputi segmentasi demografis, psikografis, dan geografis. Acara ngaji bareng mas Iip, dilihat dari segmentasi demografis, yaitu laki-laki dan perempuan, usia dari 14 tahun sampai 50 tahun, SES A+B+C, pendididikan Jenjang SMP, S1 sampai S2 dan keagamaan adalah ummat Islam. Segmentasi demografis acara tersebut, yaitu pendengar ingin mengetahui lebih dalam tentang hukum syar'i, ingin mengetahui akhlaq yang di contohkan Rosulullah dan keinginan untuk menghilangkan sifat buruk yang ada pada diri sendiri atau orang lain. Segmentasi geografis acara tersebut meliputi provinsi Yogyakarta dan daerah sekitarnya, seperti kabupaten Klaten, kabupaten Magelang, kabupaten Purworejo, kabupaten Kebumen, kabupaten Boyolali dan kabupaten Wonosobo.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. M. Kholili, M.Si.
Uncontrolled Keywords: segmentasi pendengar, acara, siaran, Radio
Subjects: Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Feb 2013 16:54
Last Modified: 16 Oct 2015 10:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5098

Actions (login required)

View Item View Item