BAKAT

SUKAMTA, (2008) BAKAT. /Jurnal/Al-Jamiah/Al-Jamiah No. 34 Th. 1986/.

[img]
Preview
Text
03. SUKAMTA - BAKAT.pdf - Accepted Version

Download (8MB) | Preview
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)

Abstract

Sifat khas yang bersumber pada bakat besar peranannya dalam proses pendidikan, dan adalah hal yang ideal apabila kita dapat memberikan pendidikan yang benar-benar sesuai dengan bakat para anak didik kita (Sumadi Sy; 1984, 169). Pemikiran tentang bakat itu sudah lamma berlangsung sampai berabad-abad lamanya, serta banyak penelitian dilakukan di Greek, Latin, dan negara Eropa lainnya. Jadi masalah bakat, sudah sama tuanya dengan manusia itu sendiri. Sejak zaman dahulu, orang selalu berusaha menggarap masalah ini, walaupun sudah barang tentu apabila dipandang dari kacamata ilmu pengetahuan dewasa ini hasilnya masih sangat jauh dari memuaskan. Sampai saat sekarang urgensi untuk menggarap masalah ini masih tetap ada, Lebih-lebih dalam hubungan dengan usaha pendidikan dan pemilihan lapangan kerja. Suatu hal yang dipandang self evident ialah bahwa seseorang akan lebih berhasil apabila dia belajar dalam lapangan yang sesuai dengan bakatnya (Sumadi Sy; 1984; 169-170). Dipandang dari segi pendidikan, adalah sangat mendesak untuk mengenal bakat-bakat para anak didik sedini mungkin. Akan tetapi tugas ini adalah mudah untuk diucapkan, namun sukar untuk dilaksanakan. Usaha-usaha sudah banyak dilakukan akan tetapi sampai sekarang belum diketemukan alat atau cara yang benar-benar memadai. Bakat anak harus dipupuk, dikembangkan dan diarahkan agar bakat anak dapat berkembang dengan baik dan pendidikan anak berhasil dengan baik sesuai dengan bakatnya. Sebagaimana ilmu pengetahuan atau masalah yang lain, pengertian dan definisi tentan bakat ini, berbeda anta ahli yang satu dengan yang lian. Sebagai ilustrasi, di bawah ini diberikan beberapa definisi tentang bakat. b1. Bakat adalah suatu kondisi pada seseorang yang dengan suatu latihan khusus memungkinkannya mencapai suatu kecakapan, pengetahuan, dan keterampilan khusus. Misalnya kemampuan berbahasa, kemampuan bermain musik dan sebagainya (Anggadewi M; 1968; 62).b 2. Bingham (1937; 16), menyatakan : aptitude...as a condition or set of characteristic regerded assymtomatic of an individuals ability to acquire with training some (usually specified) knowledge, skill or set or responses such as the ability to speak a language, to produce music ... etc.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Bakat
Subjects: Al Jamiah Jurnal
Divisions: E-Journal
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 10 Apr 2013 09:43
Last Modified: 10 Apr 2013 09:44
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/510

Actions (login required)

View Item View Item