PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK KELAS X MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI

ABDUL MUIS - NIM. 06670035, (2010) PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK KELAS X MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK KELAS X MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (505kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL KIMIA SMA BERWAWASAN INTEGRASI ISLAM-SAINS UNTUK KELAS X MATERI POKOK HIDROKARBON DAN MINYAK BUMI)
BAB II,III,IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan modul kimia SMA berwawasan integrasi islam-sains materi pokok hidrokarbon dan minyak bumi, (2) mengetahui kualitas modul kimia yang dikembangkan berdasarkan penilaian oleh guru kimia SMA/MA. Oleh karena itu, penelitian ini termasuk penelitian pengembangan media pembelajaran dalam bidang pendidikan kimia. Penelitian ini menggunakan model prosedural, yakni model yang bersifat deskriptif dan menggariskan langkah-langkah yang diikuti untuk menghasilkan suatu produk. Tahapan-tahapan yang dilalui meliputi: (1) pengumpulan dan pengkajian materi, (2) perancangan dan pengintegrasian konsep, (3) pembuatan modul, dan (4) peninjauan dan pengoreksian. Modul kimia SMA yang dikembangkan memuat materi hidrokarbon dan minyak bumi dengan sub materi: kekhasan atom karbon, hidrokarbon, alkana, alkena, dan alkuna, dan isomer, pembentukan minyak bumi, fraksi-fraksi minyak bumi, senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari, dan dampak pembakaran bahan bakar fosil terhadap lingkungan. Penelitian pengembangan ini dibimbing langsung oleh dosen pembimbing dan mendapatkan saran dari peer reviewer dan ahli media. Penilaian kualitas modul oleh 5 orang guru kimia SMA/MA yang dilakukan dengan mengisi lembar chek list yang terdiri dari 7 aspek penilaian dengan 31 kriteria, menghasilkan skor rata-rata 126,2 dari skor maksimal 155, persentase keidealan 81,42% dengan kualitas sangat baik sehingga layak untuk dijadikan sumber belajar. Perhitungan dan penentuan kriteria kualitas modul kimia tersebut menggunakan skala Likert dengan mengacu pada kriteria penilaian ideal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Imelda Fajriati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Media Pembelajaran, Modul Kimia SMA, Integrasi Islam-Sains, Hidrokarbon, Minyak bumi
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 08:52
Last Modified: 18 Feb 2016 06:57
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5138

Actions (login required)

View Item View Item