IMPLEMENTASI STRATEGI TEAM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA

AKHIS SADZALI - NIM. 05460023, (2010) IMPLEMENTASI STRATEGI TEAM TEACHING DALAM UPAYA MENINGKATKAN PARTISIPASI DAN PRESTASI BELAJAR FISIKA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk; 1) meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran fisika melalui strategi team teaching; 2) meningkatkan prestasi siswa dalam pembelajaran fisika melalui strategi team teaching. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yakni; perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI A-4 MAN Klaten. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode tes, metode angket, dan metode observasi. Implementasi strategi team teaching dalam upaya meningkatkan partisipasi belajar fisika di MAN Klaten Tahun Pelajaran 2009/2010 dapat terlaksana dengan baik. Hal ini terlihat dari meningkatnya partisipasi belajar fisika siswa dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 22,08%. Hasil peningkatan partisipasi tersebut terjadi karena siswa merasa senang dan antusias terhadap strategi team teaching yang diterapkan guru dalam proses pembelajaran. Hasil lain juga terlihat dari angket siswa yang menunjukkan efektivitas strategi team teaching dalam upaya meningkatkan partisipasi siswa sebesar 77,93%. Dengan adanya peningkatan partisipasi belajar fisika siswa dan hasil angket siswa yang menunjukkan efektivitas stategi team teaching dalam upaya meningkatkan partisipasi siswa, hal tersebut mengindikasikan bahwa siswa cenderung mudah memahami materi fisika yang dipelajari pada saat proses pembelajaran berlangsung. Sehingga dampak dari pemahaman materi fisika tersebut prestasi siswa cenderung meningkat dari siklus 1 ke siklus 2 sebesar 17,17. Dengan adanya peningkatan prestasi, hal tersebut menunjukkan adanya peningkatan ketuntasan belajar fisika siswa sebesar 43,48% dari nilai KKM sekolah yakni 60. Seluruh siswa pada siklus 2 belajarnya tuntas 100%. Peningkatan tersebut terjadi karena tingkat pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan guru semakin meningkat. Dengan kata lain siswa semakin paham dengan materi yang diajarkan oleh guru melalui strategi team teaching. Sehingga dapat disimpulkan implementasi strategi team teaching dalam upaya meningkatkan partisipasi dan prestasi belajar fisika di MAN Klaten tahun pelajaran 2009/2010 berjalan secara efektif. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Winarti, M.Pd.Si
Uncontrolled Keywords: Strategi Team Teaching, Partisipasi, Prestasi.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5146

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum