IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FUN LEARNING BERBASIS MODEL FISIKA MISTERI

ANISA, NIM. 05460004 (2015) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN FUN LEARNING BERBASIS MODEL FISIKA MISTERI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (264kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan metode pembelajaran fun learning berbasis model fisika misteri pada pembelajaran fisika. Pelaksanaan pembelajaran fisika dengan penerapan metode tersebut diharapkan dapat diketahui perbedaan prestasi belajar fisika siswa berdasarkan nilai posttest kelompok kontrol dengan kelompok eksperimen. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA UII Banguntapan. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-A dan X-B. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data berupa lembar angket, lembar observasi, dan lembar tes, yakni pretest dan posttest. Analisis data yang digunakan adalah Analisis of Varians (Anava) tunggal atau satu jalur. Data yang digunakan untuk analisis of varians (anava) adalah hasil dari test siswa. Dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung = 8,987 Ftabel = 4,49 dengan dbk = 1 dan dbd = 16 pada taraf signifikansi 5%. Hasil lembar observasi ranah afektif kelas eksperimen sebesar 84% dan kelas kontrol sebesar 78%. Hasil perhitungan ranah psikomotorik untuk kelas eksperimen sebesar 93% dan untuk kelas kontrol sebesar 86%. Untuk aktivitas siswa, kelas eksperimen 77%, pada kelas kontrol 75%. Untuk angket ketertarikan siswa terhadap pelajaran Fisika untuk kelas eksperimen 83%. Untuk kelas kontrol sebesar 75%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa lebih tertarik menggunakan metode pembelajaran fun learning berbasis model fisika misteri untuk meningkatkan prestasi belajar siswa. Sehingga metode pembelajaran fun learning berbasis model fisika misteri lebih efektif untuk meningkatkan prestasi belajar fisika siswa. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. Murtono, M.Si. 2. Mohammad Pribadi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: fisika misteri, fun learning, dan prestasi
Subjects: Pendidikan Fisika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2015 09:40
Last Modified: 15 Feb 2016 10:27
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5149

Actions (login required)

View Item View Item