IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DALAM FISIKA DENGAN METODE DISCOVERY

ENDAH RAHMAWATI - NIM. 05460008, (2010) IMPLEMENTASI PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES TERHADAP PEMECAHAN MASALAH DALAM FISIKA DENGAN METODE DISCOVERY. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan metode discovery untuk memecahkan masalah fisika siswa. Pemecahan masalah fisika pada siswa dilihat dari hasil posttest atau tes hasil akhir siswa pada pokok materi hukum Hooke dan elastisitas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen (experimental research) dengan bentuk pretest-posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMA N 1 Jatinom, Klaten. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 1 dan kelas XI IPA 3. Penentuan sampel dengan menggunakan teknik Cluster Sampling. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu dengan menggunakan metode angket dengan instrumen lembar angket, metode observasi dengan instrumen lembar observasi dan metode tes dengan instrument lembar tes. Analisis data yang digunakan adalah Analisis Kovarians (Anakova). Perhitungan analisis kovarians (Anakova) diperoleh dari nilai tes kemampuan memecahkan masalah fisika dari masing-masing siswa yang diberi perlakuan selama proses pembelajaran fisika sedang berlangsung. Perlakuan yang dimaksud berupa pendekatan proses dengan menggunakan metode guided discovery pada kelas eksperimen I dan pendekatan keterampilan proses dengan metode invitation discovery pada kelas eksperimen II. Dari perhitungan data tersebut diperoleh nilai Fhitung = 29,144 lebih besar dari Ftabel = 4 dengan db = 1 pada taraf signifikansi 5%. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan dalam memecahkan masalah fisika siswa melalui pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan metode guided discovery dibandingkan dengan pendekatan keterampilan proses namun dengan metode invitation discovery. Ternyata, pendekatan keterampilan proses dengan menggunakan metode guided discovery lebih efektif digunakan untuk memecahkan masalah fisika siswa ditinjau dari keberhasilan produk berupa rerata skor akhir yang dicapai oleh siswa. Pada kelompok eksperimen I rerata skor akhir yang diperoleh siswa lebih besar, yaitu sebesar 13,8. Dan rerata skor akhir yang diperoleh siswa pada kelompok eksperimen II sebesar 9,8. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Murtono, M.Si, 2. Mohammad Pribadi, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: keterampilan proses, guided discovery, invitation discovery, pemecahkan masalah fisika.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5161

Actions (login required)

View Item View Item