EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS)

ESTHERINA SUDIANTI, NIM. 06600029 (2015) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V,DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (337kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams-Achievement Divisions) menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran konvensional menggunakan alat peraga. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain Control Group Pretest-Posttest (desain kelompok pretes-posttes kontrol). Variabel penelitian terdiri atas 3 variabel, yaitu variabel bebasnya adalah pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga dan pembelajaran konvensional menggunakan alat peraga, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 284 siswa yang terbagi dalam 7 kelas. Pemilihan sampel dalam penelitian ini dilakukan secara acak, dalam hal ini yang diacak adalah kelasnya, diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIA sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data meliputi pemberian pretest untuk mengetahui kondisi awal siswa dan pemberian posttest untuk mengetahui hasil belajar siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test, yang sebelumnya dilakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD menggunakan alat peraga lebih efektif daripada pembelajaran konvensional menggunakan alat perega. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh nilai sig (2-tailed) untuk hasil posttest adalah 0,017, nilai ini lebih kecil dari 0,025 (0,017 0,025), maka Ho ditolak, artinya ada perbedaan rata-rata nilai posttest secara signifikan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai Mean difference =-0,8826 (mean difference = mean kelas VIIIA Mean Kelas VIIIB) bernilai negatif. Artinya rata-rata nilai kelas VIIIB lebih tinggi dari rata-rata nilai kelas VIIIA. Dengan demikian berarti rata-rata hasil belajar matematika pokok bahasan kubus pada kelas eksperimen lebih baik dari rata-rata hasil belajar matematika pada kelas kontrol. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Dra. Hj. Khurul Wardati, M. Si., 2. Suparni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Efektifitas, Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Alat Peraga, Hasil Belajar.
Subjects: Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 28 Jan 2015 01:47
Last Modified: 27 Jan 2016 04:07
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5162

Actions (login required)

View Item View Item