UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS)

FIFILIA KUSUMAJATI - NIM. 05430002, (2010) UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text ( UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text ( UPAYA MENCAPAI ACTIVE, JOYFUL, EFFECTIVE LEARNING (AJEL) DENGAN MENERAPKAN PENDEKATAN STRUKTURAL THINK PAIR SHARE (TPS) )
BAB II,III,IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (301kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mencapai pembelajaran aktif (Active Learning), pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) dan pembelajaran efektif (Effective Learning) pada pembelajaran matematika kelas X MAN Wonokromo Bantul dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan data kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X1 MAN Wonokromo Bantul yang berjumlah 36 siswa. Objek penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share (TPS) sebagai upaya mencapai Active, Joyful, Effective Learning (AJEL). Penelitian Tindakan Kelas ini terlaksana dalam 3 siklus. Data diperoleh dari lembar observasi, angket AJEL siswa, catatan lapangan, hasil wawancara dengan siswa dan guru, dokumentasi dan hasil tes evaluasi siswa. Teknik analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share dapat mencapai AJEL pada pembelajaran matematika di kelas X MAN Wonokromo Bantul. Penerapan pendekatan ini dalam pembelajaran melalui tiga tahapan yakni siswa belajar mandiri (Think) dilanjutkan tahap belajar kelompok (Pair) dan berbagi (Share). Active Learning atau keaktifan siswa pada pembelajaran dilihat dari semua indikator yaitu siswa telah berani bertanya kepada siswa lain, bertanya kepada guru, mengemukakan pendapat/ gagasan, dan dapat mendiskusikan gagasan sendiri dengan gagasan siswa lainnya dapat dicapai dari penerapan pendekatan struktural Think Pair Share. Dari analisis angket diperoleh hasil persentase keaktifan siswa pada siklus I sebesar 58,94%, pada siklus II sebesar 63,75% dan pada siklus III sebesar 63,22%. Pembelajaran yang menyenangkan (Joyful Learning) dilihat dari semua indikatornya yaitu siswa tidak takut salah, tidak takut ditertawakan, tidak takut dianggap sepele, siswa berani mencoba/ berbuat, berani menanyakan pendapat/ gagasan siswa lain, juga terlihat antusias terhadap pelajaran juga dapat dicapai dalam penelitian ini. Dari hasil analisis angket diperoleh persentase siklus I sebesar 60,01%, pada siklus II sebesar 63,10% dan pada siklus III sebesar 63,69%. Sedangkan, Effective Learning juga dapat dicapai pada pelaksanaan pembelajaran matematika dengan menerapkan pendekatan struktural Think Pair Share. Berdasarkan hasil tes evaluasi menunjukkan persentase ketuntasan siswa pada siklus I sebesar 49,00%, siklus II sebesar 63,89%, dan siklus III sebesar 77,14%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. Drs. Sugiyono, M.Pd, 2. Suparni, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Active Learning, Joyful Learning, Effective Learning, Pendekatan Struktural Think Pair Share.
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Nov 2013 04:14
Last Modified: 14 Dec 2016 07:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5164

Actions (login required)

View Item View Item