IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL

IKA RAHMAWATI - NIM. 06670013, (2010) IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 2 BANGUNTAPAN BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, tujuan, dan implementasi metode team teaching untuk mata pelajaran kimia di SMA Negeri 2 Banguntapan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala serta dampak penerapan metode team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus di mana kasus yang diteliti adalah implementasi metode team teaching di SMA Negeri 2 Banguntapan, Kabupaten Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, analisis dokumen, serta Diskusi Kelompok Terfokus (focus Group Discussion). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari beberapa sumber yang berbeda. Secara umum penerapan metode team teaching di SMA Negeri 2 Banguntapan ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kurikulum, efektivitas pembelajaran, dan tuntutan bagi guru minimal mengajar 24 jam tatap muka. Tujuan dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun pada saat praktikum di laboratorium. Tujuan lain dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk mengoptimalkan penilaian kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa serta pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam hal ini adalah guru. Metode team teaching yang diterapkan di SMA Negeri 2 Banguntapan pada dasarnya mengikuti jenis semi team teaching. Dampak yang dirasakan oleh guru dari penerapan metode team teaching ini adalah guru lebih siap dalam proses pembelajaran, terbentuk kerja sama yang baik antara kedua guru, serta guru dapat lebih meningkatkan kemampuan mengajarnya karena mendapat saran dari timnya. Di samping itu proses pembelajaran dapat lebih maksimal dan terpenuhinya beban mengajar minimal 24 jam dalam satu minggu untuk guru yang sudah disertifikasi. Sedangkan dampak yang dirasakan oleh siswa sendiri adalah motivasi siswa semakin meningkat. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si., M.A.
Uncontrolled Keywords: Team teaching (pengajaran beregu), pembelajaran kimia.
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5169

Actions (login required)

View Item View Item