PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI

KHOLID SURYA WARDANI - NIM. 03440421 (2010) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI SEBAGAI SUMBER BELAJAR MANDIRI)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini adalah penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan dan mengetahui kualitas media pembelajaran kimia berbasis teknologi informasi untuk siswa SMA/MA kelas XI semester I. Materi pada media pembelajaran ini adalah Stuktur Atom dan Bentuk Molekul berdasarkan penilaian 4 guru kimia SMA/MA dan 10 siswa SMA/MA, serta untuk mengetahui dampak penggunaan media pembelajaran kimia yang telah dikembangkan terhadap minat belajar siswa. Media pembelajaran ini disusun menggunakan program Adobe Dreamweaver CS3, yang berupa situs (website.). Model pengembangan dalam penelitian ini adalah model pengembangan ADDIE yang mengikuti beberapa tahapan, yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Penilaian kualitas media pembelajaran berdasarkan pada kriteria kebenaran konsep, keluasan dan kedalaman konsep, kebahasaan, keterlaksanaan, tampilan, dan kecakapan hidup. Penilaian dampak penggunaan media pembelajaran kimia terhadap prestasi belajar siswa dilakukan menggunakan instrumen berupa angket minat belajar siswa dengan hasil berupa persentase. Hasil penilaian dari 4 guru kimia SMA/MA dan 5 siswa MAN Maguwoharjo Sleman, 5 siswa SMAN 1 Jetis Bantul Yogyakarta menunjukkan bahwa media pembelajaran kimia berbasis teknologi informasi yang telah dikembangkan mempunyai kriteria sangat baik, dengan skor masing-masing 243,75 dan 87,6. Media ini dapat meningkatkan minat belajar siswa, dengan persentase sebesar 90%. Hal ini berarti media pembelajaran kimia berbasis teknologi informasi hasil penelitian ini telah memenuhi kriteria kualitas media pembelajaran yang baik, dapat digunakan sebagai alternatif sumber belajar mandiri, serta meningkatkan minat siswa SMA/MA. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. Agus Mulyanto, M.Kom, 2. Esti Wahyu Widowati, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Situs, ADDIE, Adobe Dreamweaver CS3, Stuktur Atom, Bentuk Molekul.
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2024 13:38
Last Modified: 22 Mar 2024 13:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5173

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum