PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI POKOK STRUKTUR SEL

NIKO BRAHMANTO, NIM. 05450036 (2011) PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI POKOK STRUKTUR SEL. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI POKOK STRUKTUR SEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (583kB) | Preview
[img] Text (PENGGUNAAN STRATEGI PEMBELAJARAN EVERYONE IS A TEACHER HERE PADA MATERI POKOK STRUKTUR SEL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA MAN TEMPEL SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Registered Academicians of UIN Sunan Kalijaga Only

Download (824kB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar biologi siswa kelas XI IPA MAN Tempel Yogyakarta dengan mempergunakan strategi everyone is teacher here pada materi pokok struktur sel pada tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dikelas XI IPA MAN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran dan tiap siklusnya dilakukan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan memberikan kesempatan bagi siswa untuk menjadi guru bagi kawan-kawannya. Dimana mekanismenya melalui proses pembuatan pertanyaan dan dijawab secara acak yang kemudian ditanggapi dalam diskusi. Metode yang digunakan tiap siklusnya yaitu diskusi dan presentasi. Data yang dikumpulkan berupa data motivasi dan prestasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan motivasi belajar siswa yang ditandai dengan meningkatnya rasa senang dan puas siswa, rasa tertarik siswa, perhatian siswa, reaksi siswa, serta aktif (semangat siswa) dalam mempelajari materi pelajaran. Selain itu prestasi siswa juga mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, yaitu ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata post-test pada siklus I yaitu 6,16 menjadi 6,66 pada siklus II, maka dapat diketahui bahwa Effect size yang dihasilkan adalah 0,5. Dengan demikian, penelitian dengan menggunakan model strategi everyone is teacher here dalam pembelajaran Biologi dapat meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa kelas XI IPA MAN Tempel Sleman Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Satino M.Si.
Uncontrolled Keywords: Strategi, everyone is teacher here, Motivasi, Prestasi.
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2013 16:03
Last Modified: 02 Mar 2016 10:06
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5179

Actions (login required)

View Item View Item