EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

NUR SUSWANTI - NIM. 06670002, (2011) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (423kB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PEMETAAN PIKIRAN (MIND MAPS) PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI POKOK MINYAK BUMI KELAS X SEMESTER 2 DI SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (382kB)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0B)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode mind maps dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan tidak menggunakan metode mind maps pada Materi Pokok Minyak Bumi kelas X semester 2 di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain satu faktor dan dua sampel. Satu faktor yang dimaksud adalah metode mind maps, dua sampel yang dibandingkan adalah kelas eksperimen dan kelas control. Populasi penelitian ini sebanyak 7 kelas yaitu dari kelas XC sampai kelas XI di SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta yang berjumlah 249 peserta didik. Jumlah sampel 71 peserta didik yang ditentukan dengan purposive sampling. Variabel penelitian terdiri atas metode mind maps (X) dan prestasi belajar kimia (Y). Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan teknis tes. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode mind maps dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran tidak menggunakan metode mind maps. Hal ini terbukti dari hasil analisis menggunakan uji-t menunjukkan thitung ttabel yaitu 4,333 1,994 dan p 0,05 yaitu 0,00 0,05, sehingga terdapat perbedaan rerata yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rerata di kelas eksperimen lebih besar (14,750) dibandingkan rerata di kelas kontrol (12,676). Penelitian ini membuktikan metode mind maps efektif dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Khamidinal, M.Si
Uncontrolled Keywords: metode mind maps dan prestasi belajar
Subjects: Kimia
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 06 Feb 2013 11:58
Last Modified: 06 Feb 2013 12:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5182

Actions (login required)

View Item View Item