IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq)DENGAN METODE TALKING STICK

RINI DWI ASTUTI - NIM. 06600037 (2011) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSq)DENGAN METODE TALKING STICK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)DENGAN METODE TALKING STICK)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SQUARE (TPSQ)DENGAN METODE TALKING STICK)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya keaktifan siswa saat pembelajaran matematika berlangsung, dimana siswa enggan bertanya, takut salah, dan malu berpendapat. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan yang terdiri atas 34 siswa, sedangkan objek dari penelitian ini adalah pelaksanaan pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan metode Talking Stick untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan pada pembelajaran matematika. Peningkatan keaktifan siswa diupayakan dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Square dengan metode Talking Stick dalam kegiatan belajar mengajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart, sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif didukung dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini terlaksana dalam 2 siklus, yaitu siklus I terdiri atas 4 pertemuan dan siklus II terdiri atas 3 pertemuan. Alat pengumpul data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar angket, wawancara, catatan lapangan, serta dokumentasi. Validasi instrumen dalam penelitian ini antara lain dilakukan dengan expert judgment dan validitas empirik. Teknik analisis data dilakukan menurut Miles dan Huberman yang terdiri dari empat komponen, yaitu pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran Think Pair Square (TPSq) dengan metode Talking Stick dengan pembagian materi yang berbeda untuk satu kelompoknya yang diselesaikan dengan berpikir individu, diskusi kelompok serta presentasi hasil diskusi dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII D SMP Muhammadiyah 2 Kalasan pada pembelajaran matematika. Keaktifan siswa pada siklus I sebesar 67,96% dengan kualifikasi sedang dan mengalami peningkatan sebesar 5,64% sehingga persentase keberhasilan pada siklus II mencapai 73,60% dengan kualifikasi tinggi. Peningkatan keaktifan tersebut tersebut ditunjukkan dengan siswa mampu bekeja sendiri dan bekerjasama dalam kelompoknya, saling berdiskusi, saling menyampaikan ide/pendapat serta mengomentari jawaban temannya. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: 1. M. Abrori, M. Kom., 2. Suparni, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Think Pair Square, Talking Stick, Keaktifan
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 22 Mar 2024 13:39
Last Modified: 22 Mar 2024 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5188

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum