PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS X A MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 200 PADA POKOK BAHASAN BAKTERI

ROSIDIN - NIM. 04451092-03, (2011) PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS X A MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 200 PADA POKOK BAHASAN BAKTERI. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS X A MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 200 PADA POKOK BAHASAN BAKTERI)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI KOGNITIF SISWA KELAS X A MA WAHID HASYIM YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 200 PADA POKOK BAHASAN BAKTERI)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (946kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) proses pelaksanaan pembelajaran dengan pendekatan kontekstual pada materi Bakteri di MA Wahid Hasyim kelas X A semester I; (2) peningkatan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual; (3) peningkatan prestasi kognitif siswa setelah diterapkan metode pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas X A MA Wahid Hasyim Condong Catur Yogyakarta tahun pelajaran 2009/2010. Data yang dikumpulkan berupa data hasil observasi yang meliputi data pelaksanaan proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan kontekstual, aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan diskusi, dan data prestasi kognitif siswa (C1, C2, C3, dan C4) dengan menggunakan nilai hasil pre-test dan post-test pada tiap siklus. Data aktivitas siswa yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase siswa yang meningkat pada masing-masing aspek indikator. Sedangkan data prestasi kognitif yang diperoleh dianalisis dengan teknik effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan kontekstual dapat terlaksana dengan baik di kelas X A MA Wahid Hasyim Condong Catur Yogyakarta. Pelaksanaan pendekatan kontekstual dalam pelajaran Biologi dapat meningkatkan aktivitas siswa dan meningkatkan prestasi kognitif siswa kelas X A MA Wahid Hasyim Condong Catur Yogyakarta. Peningkatan aktivitas siswa dapat dilihat dari banyaknya siswa yang melakukan aspek-aspek yang menjadi indikator aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. Peningkatan prestasi kognitif siswa ditunjukkan dengan rerata nilai pre-test dan pos-test siswa serta nilai effect size yang dihasilkan pada tiap siklus.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Satino, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran kontekstual, aktivitas belajar, prestasi kognitif,
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2013 09:55
Last Modified: 02 Mar 2016 03:07
URI: https://digilib.uin-suka.ac.id:80/id/eprint/5189

Actions (login required)

View Item View Item