IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA

SITI ROHMAH - NIM. 06670004, (2011) IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (659kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI METODE TEAM TEACHING DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 1 BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui latar belakang, tujuan dan implementasi metode team teaching dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 1 Banguntapan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kendala yang di hadapi oleh guru dan siswa serta dampak penerapan metode team teaching. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus, di mana kasus yang diteliti adalah implementasi metode team teaching di SMA Negeri 1 Banguntapan, Bantul. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, analisis dokumen serta Diskusi Kelompok Terfokus (Focus Group Discussion). Data dalam penelitian ini dianalisis secara kualitatif deskriptif dari beberapa sumber yang berbeda. Secara umum penerapan metode team teaching di SMA Negeri 1 Banguntapan ini dilatarbelakangi oleh adanya tuntutan kurikulum, tuntutan bagi guru minimal mengajar 24 jam tatap muka, efektivitas pembelajaran, dan rekomendasi Pemerintah. Tujuan dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dengan meningkatkan kualitas proses pembelajaran baik di dalam kelas maupun pada saat praktikum di laboratorium. Tujuan lain dari penerapan metode team teaching ini adalah untuk membantu siswa memahami materi kimia dengan baik, mengoptimalkan penilain kognitf, afektif, dan psikomotorik siswa serta membangun budaya kerjasama yang baik di antara guru. Metode team teaching yang diterapkan di SMA Negeri 1 Banguntapan pada dasarnya mengikuti jenis team teaching penuh (full team teaching). Dampak yang dirasakan oleh guru dari penerapan metode team teaching ini adalah guru lebih siap dalam proses pembelajaran sehingga Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) dapat lebih maksimal, terbentuk kerjasama yang baik antara kedua guru, serta guru dapat lebih meningkatkan pengetahunnya karena mendapat masukan dari pelaku team teaching yang lain. Di samping itu, terpenuhinya beban mengajar minimal 24 jam tatap muka dalam satu minggu untuk guru yang sudah disertifikasi. Dampak yang dirasakan oleh siswa sendiri adalah motivasi siswa semakin meningkat dan prestasi siswa juga ikut meningkat meskipun hanya beberapa siswa. Seluruh proses ini berjalan tanpa kendala berarti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Liana Aisyah, S.Si, MA.,
Uncontrolled Keywords: team teaching (pengajaran beregu), pembelajaran kimia.
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 14 Feb 2013 08:33
Last Modified: 19 Feb 2016 06:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5193

Actions (login required)

View Item View Item