INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA)

SRI SUTIANI - NIM. 05450025, (2011) INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (680kB) | Preview
[img] Text (INTEGRASI NILAI KEISLAMAN DAN PEMAHAMAN MATERI BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (STUDI KASUS DI MAN WONOKROMO BANTUL YOGYAKARTA))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (139kB)

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh integrasi nilai keislaman terhadap pemahaman materi biologi Subpokok Bahasan Ekosistem dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas X MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Penelitian ini termasuk penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah desain Randomized Control Group Pretest-Postest, termasuk dalam Quasi experiment (eksperimen semu). Populasinya adalah seluruh siswa kelas X semester 2 MAN Wonokromo Bantul Yogyakarta. Tahun Ajaran 2009/2010. Sampel yang diambil sebanyak 3 kelas. Kelas XA sebagai kelas kontrol, sedangkan kelas XB dan XC sebagai kelas eksperimen. Pengumpulan data dilakukan dengan soal tes, lembar angket dan lembar observasi. Analisis data tes melalui pengujian hipotesis dengan uji-t menggunakan progam komputer SPSS 12 for windows, sedangkan data angket serta observasi di analisis secara deskriptif. Hasil analisis tanggapan siswa terhadap integrasi nilai keislaman dengan pendekatan Contextual Teaching and Learning menunjukkan bahwa 27,1% siswa memberikan tanggapan sangat setuju, 52,9% memberikan tanggapan setuju, 19,19% memberikan tanggapan ragu-ragu dan 0,82% memberikan tanggapan tidak setuju. Hasil analisis uji prasyarat menunjukkan data berdistribusi normal dan memiliki varins yang homogen. Hasil analisis tes diperoleh nilai rata-rata post-test pada kelas kontrol sebesar 73,83, nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 1 sebesar 76,25 dan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen 2 adalah 76,41. Jika dilihat sepintas dari hasil tersebut terdapat perbedaan hasil belajar siswa antar kelas kontrol dan eksperimen. Setelah dilakukan uji t pada kelas eksperimen 1 diperoleh hasil t.hit -0,948 t.tab 2,000, sedangkan pada kelas eksperimen 2 nilai t.hit -1,104 t.tab 2,000 sehingga dapat disimpulkan bahwa integrasi nilai keislaman denagn pendekatan Contextual Teaching and Learning tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap pemahaman materi biologi siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Maizer Said Nahdi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Integrasi nilai keislaman, pendekatan Contextual Teaching and Learning, pemahaman materi biologi
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 14 Feb 2013 16:40
Last Modified: 02 Mar 2016 10:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5196

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum