PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

SUHARJANTI - NIM. 05450038, (2011) PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENERAPAN PENDEKATAN CTL(CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI POKOK CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP PADA KELAS VII B SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010 )
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (358kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan proses pembelajaran Biologi dengan mengunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada siswa kelas VII B SMP N 9 Yogyakartan dan meningkatkan prestasi belajar siswa melalui penerapan pendekatan Contextual Teaching And Learning pada materi ciri-ciri makhluk hidup. Penelitiaan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan memberikan tindakan pada subyek penelitian dalam dua siklus karena dalam pembelajaran mengalami peningkatan maka pada siklus ke dua di hentikan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIIB SMP N 9 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan lembar soal pre test dan post test siklus I dan siklus II. Data pre test dan post test siklus I dan siklus II ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan prestasi belajar siswa dapat diketahui dengan effek size yaitu selisih antara nilai rata-rata post test siklus II dengan nilai rata-rata post test siklus I. Selanjutnya ukuran effek dihitung dengan menggunakan rumus Cohen. Hasil penelitian menunjukan pendekatan Contextual Teaching and Learning dapat terlaksana pada pembelajaran Biologi materi pokok ciri-ciri makhluk hidup pada siswa kelas VIIB SMP N 9 Yogyakarta. Pendekatan Contextual Teaching and Learning juga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan peningkatan penguasaan konsep siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effek size sebesar 0,5 dan tingkat kenaikan ukuran efek yaitu ukuran efek d Cohen sebesar 0.2.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Suhardi, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendekatan CTL, Prestasi Belajar
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Date Deposited: 22 Mar 2013 10:24
Last Modified: 02 Mar 2016 03:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5197

Actions (login required)

View Item View Item