PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010

Downloads

Downloads per month over past year

URAI DEWI ERLIANTI - NIM. 06670003, (2011) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1595Kb)
[img] Text (PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF TIPE QUIZ TEAM TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERTANYA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA POKOK BAHASAN KELARUTAN DAN HASIL KALI KELARUTAN KELAS XI IPA 4 SMA MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009/2010)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (482Kb)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0b)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPA 4 SMA Muhammadiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe quiz team pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan. Dalam pelaksanaannya, penelitian ini terdiri dari dua siklus pembelajaran dan tiap siklusnya dilakukan dalam satu kali pertemuan. Kegiatan pembelajaran dilakukan dengan membagi peserta didik menjadi enam kelompok. Setiap kelompok diberi LKS dan hand out, kemudian dilanjutkan dengan kuis. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi kemampuan bertanya peserta didik untuk data kemampuan bertanya dan lembar soal pre test dan post test untuk data hasil belajar peserta didik. Analisis data untuk kemampuan bertanya peserta didik pada pelajaran kimia menggunakan analisis kualitatif deskriptif, adapun data kualitatif dengan menghitung persentase. Untuk data hasil belajar yang diperoleh dari pre test dan post test dianalisis dengan effect size, yaitu selisih antara rerata post test siklus II dengan rerata post test siklus I. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran aktif tipe quiz team dapat meningkatkan kemampuan bertanya dan hasil belajar peserta didik pada pokok bahasan kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 4 SMA Muhammdiyah 2 Yogyakarta tahun ajaran 2009/2010. Peningkatan kemampuan bertanya ditunjukkan oleh kenaikan rerata kemampuan bertanya peserta didik dari 11,43% (pada siklus I) menjadi 25,71% (pada siklus II). Peningkatan hasil belajar kognitif peserta didik ditunjukkan dengan adanya nilai effect size antara siklus I dan siklus II sebesar 3,82.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Panji Hidayat, M.Pd.,
Uncontrolled Keywords: Strategi pembelajaran aktif, quiz team,
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 01 Apr 2013 14:35
Last Modified: 01 Apr 2013 14:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5205

Actions (login required)

View Item View Item