UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

WINTI LESTARI - NIM. 05440006, (2011) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (770kB) | Preview
[img] Text
BAB II, III, IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi melalui pembelajaran kooperatif TAI dalam meningkatkan prestasi dan motivasi belajar kimia siswa kelas X MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Subyek penelitian adalah siswa kelas X-C. Data yang dikumpulkan berupa data prestasi hasil belajar diperoleh dari nilai pre-test dan post-test siklus I, siklus II dan Siklus III dan data motivasi belajar diperoleh dari angket motivasi. Data hasil belajar siswa ditabulasikan dalam bentuk rerata kelas. Peningkatan hasil belajar siswa dapat diketahui dengan effect size yaitu selisih antara nilai rerata post-test siklus III dengan nilai rerata post-test siklus II dan rerata post-test siklus II dengan nilai rerata post-test siklus I. Data motivasi belajar yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan memaparkan persentase masing-masing aspek dalam motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pembelajaran Kooperatif Tipe-TAI dapat meningkatkan prestasi dan motivasi belajar siswa pada materi pokok reaksi reduksi-oksidasi kelas X-C di MA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Peningkatan prestasi belajar siswa ditunjukkan dengan adanya nilai effect size pada siklus I dan Siklus II sebesar 1 dan Pada siklus II dan siklus III dengan nilai effect size 0,9. Peningkatan motivasi belajar siswa dapat dilihat dari masing-masing aspek motivasi yang meliputi aspek aktif mengikuti kegiatan dengan senang dan bersemangat pada siklus I 66,40%, pada siklus II 66,47% dan pada siklus III 69,29%, aspek ketekunan dalam belajar pada siklus I 62,27%, pada siklus II 63,70% dan pada siklus III 64,20%, aspek partisipasi aktif dalam belajar pada siklus I 64,48%, pada siklus II 64,63% dan pada siklus III 66,60%, aspek usaha untuk belajar pada siklus I 78,99%, pada siklus II 82,10% dan pada siklus III 85,20%, aspek besar perhatian dalam belajar pada siklus I 79,41%, pada siklus II 82,35% dan pada siklus III 83,30%, dan aspek yang terakhir penyelesaian tugas pada siklus I 72,94%, pada siklus II 74,10% dan pada siklus III 78,20%. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Khamidinal, M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Prestasi belajar, motivasi belajar, Pembelajaran kooperatif tipe-TAI (Team Assisted Individualization).
Subjects: Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Kimia (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 24 Jul 2013 13:10
Last Modified: 08 Dec 2016 07:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5207

Actions (login required)

View Item View Item