FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS MOBILE BANKING PADA BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA

ABDURRAHMAN AL-GUNAIN - NIM. 02391362, (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS MOBILE BANKING PADA BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS MOBILE BANKING PADA BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA)
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEINGINAN NASABAH UNTUK MENGGUNAKAN FASILITAS MOBILE BANKING PADA BANK SYARI’AH MANDIRI CABANG YOGYAKARTA)
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (911kB)

Abstract

Menurut penelitian yang dilakukan oleh achraf ayadi, mobile banking diperlakukan sebagai salah satu layanan sistem informasi dari pihak perbankan yang paling penting yang mampu menghasilkan informasi keuangan yang meluputi cek saldo, transfer dana, informasi tagihan kartu kredit, pembayaran tagihan dan sebagainya. Penting bagi nasabah untuk mendapat kemudahankemudahan dalam memperoleh informasi keuangan dan melakukan transaksi secara on-line, tanpa harus mengunjungi Bank tempat mereka menjadi nasabah Ketika nasabah merasa terpuaskan oleh dua hal yakni kecepatan dalam memperoleh informasi keuangan serta keakuratannya dan kemudahan dalam pelaksanaan aktifitas transaksi Mbanking, maka tujuan layanan Mbanking sebagai system informasi perbankan akan tercapai. Berdasarkan latar belakang di atas, maka masalah yang ingin diungkapkan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji apakah kepercayaan, komitmen dan antisedennya berpengaruh terhadap keinginan nasabah untuk menggunakan teknologi mobile banking. Berdasarkan pada data yang diperoleh dari penelitian terhadap 150 Nasabah Bank Syari'ah Mandiri Cabang Yogyakarta. Setelah menetapkan model konseptual yang menghubungkan kepercayaan dan komitmen atas keinginan untuk menggunakan mobile banking, menunjukkan bahwa level tertinggi dari kepercayaan dan komitmen mempunyai hubungan yang signifikan dengan tingginya keinginan untuk menggunakan mobile banking. Penelitian ini juga meneliti keamanan, etika, privasi, keterbukaan, kecepatan tangggapan, kualitas informasi, control pengaturan, kemajuan teknologi, dan reputasi sebagai determinan dari kepercayaan. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil yang didapat dengan menggunakan model Analisis SEM program Amos versi 6.0, adalah bahwa kemanan, etika, privasi, keterbukaan, kecepatan tangggapan, kualitas informasi, kontrol pengaturan, kemajuan teknologi, dan reputasi berpengaruh terhadap kepercayaan. Sedangkan kepercayaan dan komitmen berpengaruh terhadap keinginan untuk menggunakan mobile banking. Penelitian ini diakhiri dengan pembahasan implikasi dari hasil penelitian pada mobile banking.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: 1. H. Syafiq M. Hanafi, S.Ag., M.Ag 2. Drs. A Yusuf Khoiruddin, SE., M.Si
Uncontrolled Keywords: Kepercayaan, Mobile Banking, Komitmen, Kemauan untuk Mencoba
Subjects: Keuangan Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Keuangan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 11 Feb 2013 09:48
Last Modified: 26 Aug 2016 01:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5217

Actions (login required)

View Item View Item