PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KESADARAN KETUHANAN (Telaah Pemikiran Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU)

AHMAD YUNUS - NIM. 05470004 , (2011) PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KESADARAN KETUHANAN (Telaah Pemikiran Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KESADARAN KETUHANAN (Telaah Pemikiran Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (650kB) | Preview
[img] Text (PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KESADARAN KETUHANAN (Telaah Pemikiran Prof. Dr. Abdul Munir Mulkhan, SU))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (350kB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa pendidikan agama Islam dalam hal ini yang lebih spesifik adalah PAI berbasis kesadaran ketuhanan saat ini mengalami penurunan kualitas, baik dilihat dari alokasi waktunya maupun dilihat dari kualitas yang dihasilkan (output), hal ini terbukti ketika banyaknya kasus yang terjadi baik itu yang kita lihat lewat media massa maupun yang kita alami sendiri. Contoh kecil misalnya akhir-akhir ini banyak media masa (televisi) yang menayangkan kenakalan anak-anak sekolah baik itu tawuran antar sekolah, berani dengan guru sampai kasus yang penulis anggap sangat serius yakni pemerkosaan. Dari kasus-kasus tersebut cukuplah dijadikan indikasi bahwa pendidikan Islam saat ini mengalami degradasi moral (akhlak) yang tentunya menjadi tugas baru bagi pemerintah dan tokoh pendidikan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui PAI berbasis kesadaran ketuhanan menurut Abdul Munir Mulkhan; (2) untuk mengetahui implikasinya dalam dunia pendidikan Islam di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research). Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan filosofishistoris. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, maka metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah metode deskriptif-analitik. Hasil penelitian ini adalah: 1.(a) Abdul Munir Mulkhan menggagas bahwa PAI berbasis kesadaran ketuhanan dapat terwujud dengan me-redefinisikan dan me-rekonseptualisasi-kan pendidikan agama Islam kembali, dimana pendidikan agama Islam saat ini hanya bersifat tempelan atau hanya mengikuti pada sistem pendidikan nasional saja. Beliau juga menambahkan agar alokasi waktu yang diberikan terhadap pendidikan Islam diberi tambahan waktu mengingat karena pendidikan Islam tidak hanya satu mata pelajaran. (b) Materi yang selama ini diajarkan masih terkesan mengulang-ulang, misalnya fiqh yang dari SD sampai SMA masih diajarkan teori-teori. Beliau memberikan solusi agar materi itu diklasifikasikan semisal SD-SMP hanya diberi sedikit materi tetapi banyak prakteknya, sedangkan SMA lebih sedikit praktek namun banyak teori, sedangkan tingkat perguruan tinggi lebih banyak menjelaskan sebab atau alasan pengambilan hukum. (c) Metode yang paling tepat untuk PAI berbasis kesadaran ketuhanan adalah metode pendidikan yang bersifat ketuhanan, yang di dalamnya terdapat materi-materi tauhid yang nantinya akan membentuk karakter siswa yang berakhlak karimah. 2. Implikasinya dalam dalam pendidikan Islam adalah peserta didik benar-benar mampu mengetahui hakekat ketuhanan dan bisa menggunakan hidupnya untuk berbuat baik kepada sesama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dr. Ahmad Arifi, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Abdul Munir Mulkhan , Kesadaran ketuhanan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 21 Aug 2013 02:56
Last Modified: 20 Mar 2017 04:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5222

Actions (login required)

View Item View Item