PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH

DWI PURNAMI - NIM. 06470022 , (2011) PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH)
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (506kB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MAN KARANGANOM KLATEN JAWA TENGAH)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (440kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan dan menganalisis tentang bagaimana guru dalam pegembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom Klaten dan kendala-kendala yang dihadapi guru dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom. Hasil penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan bagi pelakasana pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom. Buku yang dijadikan pedoman utama dalam penelitian ini adalah 1) Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan Konsep dan Implementasinya di Madrasah 2) Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, karangan Mulyasa, M. Pd. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan mengambil latar di MAN Karanganom Klaten. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode penelitian intervieu, observasi dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, menggunakan analisa data kualitatatif. Hasil penelitian ini menunjukkan ; 1) Guru PAI sudah cukup professional dalam mengembangkan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN karanganom Klaten, antara lain dalam mengembangkan silabus dan RPP yang berbasiskan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan sudah memenuhi komponen-komponen yang terdapat pada Permenag No.2 Tahun 2008 tentang Standar Isi untuk penyusun silabus dan Permendiknas no 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses untuk penyusunan RPP, meskipun guru-guru PAI tersebut belum memilikinya 2) Dalam pengembangan kurikulum pendidikan agama Islam di MAN Karanganom Klaten, guru PAI menemukan beberapa kendala antara lain : jarangnya sumber belajar atau buku yang relevan dengan penyusunan silabus dan RPP yang berbasiskan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), sekolah belum begitu banyak dalam memberikan sosialisasi mengenai penyusunan silabus maupun RPP yang berbasiskan pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dalam penyusunan silabus yang berkaitan antara SK dan KD untuk mata pelajaran PAI di MAN ini , guru-guru PAI belum memiliki dan mengetahui Permenag No.2 Tahun 2008, tentang Standar Isi, dan penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) guru PAI belum memiliki dan mengetahui Permendiknas No.41 Tahun 2007, tentang Standar proses.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra. Wiji Hidayati, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Kurikulum , Pendidikan Agama Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 25 Sep 2013 08:49
Last Modified: 20 Mar 2017 07:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5227

Actions (login required)

View Item View Item