PERAN GURU PAI DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL SISWA KELAS XII DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MAN YOGYAKARTA III

TUTI MULYANI, NIM. 06470063 (2011) PERAN GURU PAI DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL SISWA KELAS XII DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MAN YOGYAKARTA III. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL SISWA KELAS XII DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MAN YOGYAKARTA III )
BAB I, IV. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (474kB) | Preview
[img] Text (PERAN GURU PAI DALAM MEMPERSIAPKAN MENTAL SISWA KELAS XII DALAM MENGHADAPI UJIAN NASIONAL DI MAN YOGYAKARTA III )
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (217kB)

Abstract

ABSTRAK Latar belakang penelitian ini adalah bahwa dalam mempersiapkan mental siswa diantaranya adalah sekolah harus mampu meluluskan siswanya dengan persentase yang tinggi. Tuntutan kelulusan siswa yang tinggi mendorong sekolah untuk melakukan berbagai upaya untuk mencapainya. Ketidaklulusan siswa dalam ujian nasional bisa saja bukan karena faktor ketidakmampuan siswa dalam menguasai materi pelajaran, tetapi hal tersebut bisa disebabkan karena kondisi fisik siswa atau kelelahan mental, strees pada saat mengerjakan ujian ataupun kesalahan pengukuran yang sering terjadi pada setiap tes. Kebijakan yang diterapkan kepala sekolah, yaitu memberikan peran kepada guru agama untuk ikut serta dalam menyusun program keagamaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai dan mendeskripsikan peran guru agama dalam memersiapkan mental siswa kelas XII dalam menghadapi ujian nasional. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan mengambil lokasi di MAN Yogyakarta III. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, observasi. Analisis data yang digunakan yaitu analisis induktif, yaitu menganalisis data yang khusus kemudian ditarik kesimpulan yang umum. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru agama dalam ujian nasional sangat penting yaitu untuk mempersiapkan mental siswa ataupun meminimalisir rasa stres yang siswa alami baik sebelum atau sesudah ujian dilaksanakan. Dalam hal ini peran yang diberikan guru agama yaitu, sebagai pembimbing kerohanian dan motivator. Perannya sebagai pembimbing kerohanian meliputi: Pertama; pembinaan ibadah seperti shalat dhuha, shalat dzuhur berjamaah, shalat tahajjud. Kedua; pembekalan mental dan kerohanian kegiatannya yaitu muhasabah atau majlis doa yang dilaksanakan 6-7 kali. Sedangkan perannya sebagai motivator yaitu diberikan ketika pembelajaran berlangsung, setelah shalat dhuhur berjamaah dan ketika diadakannya training ESQ. Hasil peran guru dalam mempersiapkan siswanya dalam menghadapi ujian nasional adalah siswa mempunyai kesiapan mental yang kuat pada sebelum ujian, saat ujian ataupun sesudah ujian. Meningkatnya tingkat kelulusan dari tahun ketahun dan tidak adanya siswa yang mengalami stres, ketakutan, trauma bahkan tidak ada siswa yang sampai melakukan hal-hal yang berlebihan (mengakhiri hidup). div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Suismanto, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Guru , Mental
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 22 Jul 2013 18:53
Last Modified: 22 Mar 2017 10:22
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5296

Actions (login required)

View Item View Item