IMPLEMENTASI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE PADA PT. PERTAMINA (Persero) (Studi Deskriptif Kualitatif Program Corporate Social Responsibility Periode 2007-2009)

NURFAJRIYAH - NIM. 06730034, (2011) IMPLEMENTASI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE PADA PT. PERTAMINA (Persero) (Studi Deskriptif Kualitatif Program Corporate Social Responsibility Periode 2007-2009). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE PADA PT. PERTAMINA (Persero) (Studi Deskriptif Kualitatif Program Corporate Social Responsibility Periode 2007-2009))
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (648kB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KONSEP TRIPLE BOTTOM LINE PADA PT. PERTAMINA (Persero) (Studi Deskriptif Kualitatif Program Corporate Social Responsibility Periode 2007-2009))
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

PT. Pertamina (Persero) adalah perusahaan BUMN yang sampai saat ini masih menguasai pasar dalam bidang perminyakan dan gas. Sebagai perusahaan besar yang berlokasi ditengah masyarakat, Pertamina mempunyai kewajiban dan tanggung jawab untuk turut serta membangun masyarakat seiring dengan kemajuan dan keberlangsungan bisnisnya. Salah satu upaya tersebut terangkum dalam beragam kegiatan yang dikemas dalam program Corporate Social Responsibility (CSR). Sejauh ini, PT. Pertamina telah menjalankan aktifitas CSRnya dalam berbagai bidang; pendidikan, kesehatan, pemberdayaan ekonomi dan sebagainya. Namun demikian tidak serta merta PT. Pertamina (Persero) telah selesai menuntaskan kewajiban dan tanggung jawabnya sebagia perusahaan besar, karena dalam dunia CSR terdapat konsep triple buttom line menjadi rujukan utama dalam pelaksanaan aktifitas CSR. Dalam penelitian ini, penulis meneliti apa saja program CSR PT. Pertamina (Persero) yang sudah berjalan dan bagaimanakah implementasi konsep triple bottom line yang merupakan prinsip dasar dalam melaksanakan aktifitas CSR. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif, yaitu penelitian kualitatif yang memaparkan secara rinci mengenai ptotret kondisi yang sebenarnya terjadi. Dimana untuk menjelaskan kondisi tersebut menggunakan analisis Formula 3P John Elkington (Profit, People and Planet). Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi langsung dan studi pustaka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan-kegiatan CSR yang telah dilaksanakan oleh PT. Pertamina (Persero) periode tahun 2007 2009 secara umum telah memenuhi konsep triple bottom line yang mencakup keadilan pada tiga unsur utama yaitu profit, people dan planet. Tanggung Jawab Ekonomi (Profit) PT. Pertamina (Persero) dapat dilihat dari laba yang diperoleh pada setiap tahunnya beserta produk-produk yang senantiasa dihasilkan dari kegiatan operasional bisnisnya. Tanggung Jawab Lingkungan (Planet) PT. Pertamina (Persero) dapat dilihat dari program-program CSR bidang Lingkungan yang secara nyata dilakukan untuk menyelamatkan dan melestarikan lingkungan. Tanggung Jawab Sosial (People) secara nyata dilaksanakan oleh PT. Pertamina (Persero) melalui aktifitas CSR bidang pendidikan, kesehatan, program kemitraan serta infrastruktur dan bencana. Melihat hasil diatas, diharapkan PT. Pertamina (Persero) mampu mempertahankan konsistensinya untuk peduli terhadap masyarakat dan lingkungannya sehingga keberadaannya ditengah masyarakat mampu mengurangi permasalahan sosial dan lingkungan yang ada, serta secara kontinyu meningkatkan mutu dan keberlanjutan program CSRnya dari tahun ke tahun.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Fatma Dian Pratiwi, M.Si.
Uncontrolled Keywords: triple buttom line, program Corporate Social Responsibility (CSR), PT. Pertamina (Persero)
Subjects: Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Ilmu Komunikasi (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2013 11:27
Last Modified: 15 Dec 2016 03:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5304

Actions (login required)

View Item View Item