POLA-POLA METODE KETELADANAN UNTUK PENANAMAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PENGKOL GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA

SITI UMI LATIFAH - NIM. 06410070, (2011) POLA-POLA METODE KETELADANAN UNTUK PENANAMAN AKHLAK PESERTA DIDIK DI SD NEGERI PENGKOL GODEAN SLEMAN YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text
BAB I,IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (645kB) | Preview
[img] Text
BAB II,III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menemukan pola-pola keteladanan yang digunakan oleh pendidik Pendidikan Agama Islam dan para orang tua dalam menanamkan akhlak kepada anak, mendeskripsikan hasil yang dicapai dari pelaksanaan pola-pola yang digunakan pendidik Pendidikan Agama Islam dan orang tua terhadap anak dan faktor pendukung dan penghambat dari terlaksananya penerapan pola-pola keteladanan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang mengambil latar SD Negeri Pengkol Godean Sleman yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menelaah seluruh data, mereduksinya, menyusunnya dalam satuan dan mengkategorikannya kemudian memeriksa keabsahan data serta menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pola keteladanan yang digunakan pendidik dalam menanamkan akhlak kepada anak menggunakan pola pembiasaan, pola pemantauan dan pengawasan, pola heteronomous morality, pola norma-norma interpersonal. Pola keteladanan yang digunakan orang tua sesuai profesinya yaitu petani menggunakan pola yang tidak menggunakan penekanan terhadap suatu kewajiban anak, pola orientasi hukuman dan ketaatan, pola heteronomous morality, pola pembiasaan. Pola keteladanan yang digunakan orang tua yang berprofesi sebagai wiraswasta yaitu pola pembiasaan, pola modeling (penyajian contoh perilaku), pola heteronomous morality, pola norma-norma interpersonal. Pola keteladanan yang digunakan orang tua yang berprofesi sebagai PNS adalah pola pembiasaan, pola modeling (penyajian contoh perilaku), pola penekanan terhadap kewajiban anak, pola heteronomous morality, pola norma-norma interpersonal. (2) Hasil dari penerapan pola-pola yang digunakan pendidik dan orang tua sudah cukup berhasil, tetapi pola yang digunakan orang tua yang berprofesi sebagai petani masih belum sempurna, karena orang tua tidak menggunakan penekanan lebih terhadap kewajiban anak. Orang tua membiarkan saja ketika anak tidak melaksanakan ewajiuban shalat. (3) Faktor penghambat terlaksananya polapola keteladanan dalam menanamkan akhlak kepada anak adalah faktor lingkungan. Karena lingkungan akan membentuk kepribadian seseorang, kedua Latar belakang pendidikan orang tua, karena dengan kurangnya pengetahuan orang tua terhadap agama, mereka akan terbatas dalam memberikan pengetahuan agama kepada anak, dan kurangnya kepedulian orang tua terhadap pendidikan agama bagi anak. Faktor pendukung terlaksananya pola keteladanan adalah respon positif yang diperlihatkan anak dalam meneladani orang tuanya, adanya komunikasi antara pendidik atau pihak sekolah dengan orang tua dan sikap positif orang tua dan pendidik dalam menanamkan akhlak kepada anak. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: DR.Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Akhlak , Metode Keteladanan
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 23 Jul 2013 10:35
Last Modified: 22 Mar 2017 03:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5306

Actions (login required)

View Item View Item