EVEKTIVITAS BI'AH LUGAWIYAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ARAB SANTRI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM

BINTI MUASAROH - NIM. 06420050, (2011) EVEKTIVITAS BI'AH LUGAWIYAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ARAB SANTRI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS BÎ’AH LUGAWIYYAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS BÎ’AH LUGAWIYYAH TERHADAP PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SANTRI KMI PONDOK PESANTREN IBNUL QOYYIM)
BAB II, III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (334kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana aktivitas penerapan Bi'ah lugawiyyah dan sejauh mana efektivitas penerapan Bi'ah lugawiyyah terhadap peningkatan motivasi belajar bahasa Arab serta menambah khasanah ilmu pengetahuan terutama yang berkaitan dengan terciptanya bi'ah lugawiyyah dalam meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Reseacrh) dengan menggunakan metode analisis statistik dan non statistik dengan pola berpikir deduktif dan induktif, menggunakan tehnik pengumpulan data berupa Observasi,intervieuw, dokumentasi, dan angket dengan mengambil latar KMI Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim. Adapun populasi nya adalah kelas 2 MA. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa aktivitas kebahasaan (bi'ah lugawiyyah) di Pondok Pesantren Ibnul Qoyyim meliputi muhadarah, Muhdasah, pemberian mufradat dan adanya kreatifitas para santri dalam hal menulis cerpen dan puisi berbahasa arab yang disalurkan melalui majalah dinding serta buletin dan diadakannya perlombaan kebahasaan baik dipesantren maupun diluar pesantren seperti pidato bahasa, mujadalah lugawiyyah, drama berbahasa Arab dan lain sebagainya. Penerapan Bi'ah lugawiyah di lingkungan pondok pesantren Ibnul Qoyyim efektif terhadap peningkatan belajar bahasa Arab santri. Hal ini ditunjukkan dari angket. Dari hasil keseluruhan angket tersebut dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa dalam belajar bahasa Arab dikaitkan dengan efektivitas bi'ah lugawiyyah adalah baik, sebagaimana juga telah ditunjukkan dengan pembahasan angket per item pada pembahasan yang telah lalu dan juga didukung ketika penyusun wawancara baik kepada guru maupun santri serta observasi langsung pada saat pembelajaran berlangsung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. Usman, SS., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Motivasi Belajar , Bahasa Arab
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 06 Feb 2013 10:15
Last Modified: 05 Apr 2017 06:56
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5313

Actions (login required)

View Item View Item