HUMANISME TEOSENTRIS SEBAGAI PARADIGMA IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Buku Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Karya Achmadi)

IBNIYANTO - NIM. 04471183 , (2011) HUMANISME TEOSENTRIS SEBAGAI PARADIGMA IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Buku Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Karya Achmadi). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (HUMANISME TEOSENTRIS SEBAGAI PARADIGMA IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Buku Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Karya Achmadi))
BAB I,V, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (HUMANISME TEOSENTRIS SEBAGAI PARADIGMA IDEOLOGI PENDIDIKAN ISLAM (Studi Buku Ideologi Pendidikan Islam; Paradigma Humanisme Teosentris, Karya Achmadi))
BAB II, III, IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (845kB)

Abstract

Humanisme teosentris, merupakan istilah baru dalam percaturan pemikiran pendidikan Islam. Konsep tersebut dikembangkan berdasarkan refleksi terhadap realitas pendidikan Islam yang selama ini masih berkutat dan terjebak dalam kubangan pemikiran masa lalu. Orientasi paradigmatik yang coba ditawarkan menjadi pencerahan bagi keberlangsungan pendidikan Islam yang saat ini mengalami stagnasi pemikiran dan clash of ideas dengan pemikiran-pemikiran Barat, yang tanpa terasa telah meracuni dunia pendidikan. Hal ini terlihat dalam kerangka ideologis, paradigmatis maupun metodologis. Achmadi, dalam bukunya Ideologi Pendidikan Islam, menempatkan humanisme teosentris sebagai kerangka paradigmatik. Menurutnya, humanisme teosentris lebih substantif dari pada istilah religius, sebagaimana istilah yang digunakan oleh Abdurrahman Mas'ud. Karena ideologi merupakan sesuatu yang dapat menggerakkan seseorang atau kelompok untuk memperjuangkannya, dalam hal ini adalah al-Qur'an dan al-Hadis, maka istilah teosentris lebih tepat. Humanisme teosentris sebagai kerangka paradigmatik tidak perlu dilakukan perubahan, namun seiring dengan perubahan dan perkembangan kehidupan, penting untuk dilakukan interpretasi terhadap nilai-nilai yang tersirat di dalamnya dan reinterpretasi terhadap pemahaman masa lalu. Penelitian ini termasuk jenis penelitian literatur, dengan metode dokumentasi serta diskriptif-analitik. Adapun bahan dokumentasi yang menjadi rujukan tidak hanya terbatas pada buku-buku, tetapi juga referensi lain yang mendukung. Penekanan penelitian literatur adalah ingin menemukan berbagai teori, hukum, dalil, prinsip, pendapat, gagasan dan hal lain yang dapat dipakai untuk menganalisis dan memecahkan masalah yang diteliti. Hasil penelitian yang diperoleh adalah, bahwa humanisme teosentris hadir sebagai pemikian alternatif-paradigmatik dalam pergumulan ideologi-ideologi pendidikan kontemporer, dengan menghadirkan konsep teosentrisme (tauhidi) sebagai core value, sekaligus ghayatul hayat (tujuan hidup). Begitupun dengan humanisme Islam yang berpijak pada fitrah manusia sebagaimana yang tertuang dalam al-Qur'an. Hal ini berbeda dengan humanisme sekuler yang dilatarbelakangi oleh eksistensialisme misalnya, hanya mengakui manusia sebagai makhluk yang wujud dengan sendirinya di alam semesta, tidak terdapat bagian atau karakteristik tertentu yang datang dari Tuhan. Humanisme sekuler lainnya telah mengambil moral kemanusiaan seluruhnya dari agama dengan menegasikan Tuhan, sebagaimana dinyatakan bahwa pendidikan spiritual dalam nisbah-nya dengan keutamaan-keutamaan moral dapat dicapai tanpa keyakinan terhadap Tuhan. Dengan demikian, maka penting menggunakan humanisme teosentris menjadi konsep paradigma ideologi alternatif dalam pendidikan Islam. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Muh. Agus Nuryatno, Ph.D.
Uncontrolled Keywords: Paradigma, Humanisme, Teosentrisme dan Pendidikan Islam
Subjects: Kependidikan Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam (S1)
Depositing User / Editor: Miftakhul Yazid Fuadi, SIP.
Date Deposited: 12 Feb 2013 09:50
Last Modified: 21 Mar 2017 01:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5320

Actions (login required)

View Item View Item