PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI GIRILOYO BANTUL

KHADIQOH ZAKIYAH - NIM. 06410144 - , (2011) PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI GIRILOYO BANTUL. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img] Text (PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI GIRILOYO BANTUL)
BAB I.IV, DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1460Kb)
[img] Text (PENGEMBANGAN SOFT SKILL SISWA DALAM PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTs NEGERI GIRILOYO BANTUL)
BAB II,III.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (846Kb)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg
Restricted to Repository staff only

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_lightbox)
lightbox.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_preview)
preview.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_medium)
medium.jpg

Download (0b)
[img] Other (Thumbnails conversion from text to thumbnail_small)
small.jpg

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt

Download (0b)
[img] Other (Generate index codes conversion from text to indexcodes)
indexcodes.txt
Restricted to Repository staff only

Download (0b)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Undang-Undang RI No. 2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pada pasal 1 ayat 1 dijelaskan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta ketrampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. Dilihat dari pasal tersebut seharusnya pendidikan di Indonesia juga harus memperhatikan soft skill tidak hanya hard skill saja. Tetapi realitanya bahwa pendidikan di Indonesia pembelajaran aspek akademik (hard skill) lebih mendominasi sistem pembelajaran kita, bahkan bisa dikatakan lebih berorientasi pada pembelajaran hard skill saja. Sementara, peningkatan soft skill seperti mengembangkan kepribadian siswa, baik dalam proses pembelajaran maupun dalam pembinaan kesiswaan sangatlah kurang mendapat perhatian. Seperti halnya soft skill di MTsN Giriloyo Bantul juga kurang mendapat perhatian, oleh karena itu dalam pembelajaran Akidah Akhlak guru berupaya untuk mengembangkan soft skill siswanya. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan dan menganalisis secara kritis tentang pengembangan soft skill siswa dalam pembelajaran akidah akhlak kelas VIII MTsN Giriloyo Bantul. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan psikologis yang disandarkan pada studi kasus, yakni di MTs Negeri Giriloyo Bantul Yogyakarta. Teknik pengambilan datanya dengan menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan pola pikir induktif dan deduktif. Pemeriksaan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi data. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa pengembangan soft skill siswa belum berhasil secara maksimal, hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya siswa yang kurang disiplin dan juga kurangnya percaya diri para siswa. Tetapi dapat diketahui bahwa: (1) Pengembangan soft skill siswa dalam pembelajaran akidah akhlak dilakukan melalui beberapa cara, antara lain: 1) Memvariasikan metode pembelajaran 2) Penggunaan pendekatan Pembelajaran (2) Faktor pendukung pengembangan soft skill siswa dalam pembelajaran akidah akhlak MTs Negeri Giriloyo Bantul: pembagian jumlah siswa perkelas yang cukup sedikit sehingga lebih mudah diperhatikan, fasilitas pendukung pembelajaran yang cukup memadai dan adanya dukungan dari kepada sekolah, para guru dan karyawan MTsN Giriloyo Bantul; dan faktor penghambatnya yaitu: siswa yang heterogen dari latar belakang siswa yang berbeda, kecerdasan siswa yang berbeda-beda, kurangnya perhatian orang tua kepada siswa, komunikasi yang kurang antara orang tua dengan pihak sekolah dan alokasi waktu yang tidak sesuai dengan banyaknya materi yang harus diajarkan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR. Sangkot Sirait, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 1 not found.
Date Deposited: 25 Sep 2013 08:57
Last Modified: 26 Sep 2013 01:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5326

Actions (login required)

View Item View Item