KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 129 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

REZA ALI AKBAR, NIM.: 06410118 (2011) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 129 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 129 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
064101189_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (KONSEP PENDIDIKAN ISLAM DALAM Q.S AL BAQARAH AYAT 129 DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM)
06410118_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pendidkan agama Islam di lingkugan pendidikan formal saat ini belum bisa mencapai apa yang menjadi tujuan pendidikan Islam itu sendiri. Hal ini disebabkan karena proses pendidikan yang dilaksanakan belum sepenuhnya menerapkan kosep pendidikan Islam. Seperti kompetensi seorang guru, metode pengajaran yang diterapakan, kurikulum yang disusun, dan tujuan pendidikan. Unsur-unsur tersebut dalam prakteknya kurang sejalan dengan nilai-nilai dan norma-norma yang melandasi pendidikan Islam. Apalagi dizaman globalisasi saaat ini pendidikan Islam juga mulai kehilangan identitasnya. Oleh sebab itu pendidkan Islam saat ini harus mengedepankan kembali konsep pendidikan yang ada dalam Islam. Yaitu dengan mengkaji kembali konsep pendidikan yang ada dalam al-Quran. Karena al-Quran memberikan solusi bagi permasalahan umat manusia yang relevan sepanjang zaman, termasuk masalah pendidikan. Yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah : bagaimana konsep pendidikan Islam yang terdapat dalam QS. al Baqarah ayat 129 serta bagaimana relevansinya dengan pendidikan agama Islam saat ini. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan konsep pendidikan yang ada dalam QS. al Baqarah ayat 129 dan mengetahui relevansinya terhadap aplikasi unsur-unsur pendidikan agama Islam. Penelitian ini merupakan penelitian studi pustaka(library research) dengan mengambil QS. al Baqarah ayat 129 (Kajian terhadap Tafsir al Misbah) sebgai obyek kajian. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah pendekatan filosofis. Pengumpulan data dilakukan melalui dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan analisis isi(content analysis) selanjutnya dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa didalam QS. al Baqarah ayat 129 terdapat konsep pendidikan yang berkaitan dengan unsur-unsur pendidikan yaitu (1) Figur guru yang ideal yaitu dengan mencontoh diri Rasulullah sebagai pendidik. (2) Metode pengajaran yaitu dengan cara membacakan dan menjelaskan.(3)Penyusunan kurikulum pendidikan Islam harus berdasarkan sumber pendidikan Islam yaitu al-Quran dan as-Sunnah. (4) Tujuan pendidikan Islam yaitu untuk penyucian jiwa. Sedangkan konsep pendidikan tersebut mempunyai relevansi terhadap aplikasi unsur-unsur pendidikan agama Islam yaitu guru, metode pengajaran, kurikulum, dan tujuan pendidikan. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR.Hj. Marhumah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Islam , Al Baqarah, Quraish Shihab
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Islam dan Pemikiran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:50
Last Modified: 21 Oct 2022 07:52
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5335

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum