HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BODEH PEMALANG JAWA TENGAH

SITI ROMELAH - NIM. 06410123, (2011) HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI SISWA TERHADAP KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 4 BODEH PEMALANG JAWA TENGAH. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK latar belakang masalah, profesi guru pada saat ini masih banyak dibicarakan, baik dikalangan para pakar pendidikan maupun di luar pakar pendidikan. Selama dasawarsa terakhir ini hampir setiap hari, media masa khususnya media masa cetak baik harian maupun mingguan memuat berita tentang guru. Ironisnya berita-berita tersebut banyak yang cenderung melecehkan posisi guru, baik yang sifatnya sangat pribadi maupun tidak. Masyarakat atau orang tua murid pun kadang-kadang mencemooh dan menuding guru tidak berkompeten atau tidak berkualitas. Oleh karena itu, pribadi guru khususnya guru agama sangat berperan dalam membentuk pribadi peserta didik. Ini dapat dimaklumi karena manusia merupakan makhluk yang suka mencontoh, termasuk mencontoh pribadi gurunya dalam membentuk pribadinya. Dalam pendidikan, motivasi belajar adalah dorongan internal dan eksternal pada siswa-siswa yang sedang belajar untuk mengadakan perubahan tingkah laku, pada umumnya dengan beberapa indikator atau faktor yang mendukung. Motivasi juga sangat berperan dalam menumbuhkan gairah belajar siswa. Memperhatikan fungsi motivasi yang sangat besar faedahnya bagi siswa dalam proses pembelajaran, maka jelas fungsi guru agama sebagai motivator sangat dibutuhkan, dan sebagai guru agama harus memiliki kepribadian yang baik dan dapat menjadi suri tauladan bagi peserta didiknya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan poulasi penelitian seluruh siswa SMP Negeri 4 Bodeh dengan pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan angket, dokomentasi, wawancara dan observasi menggunakan teknik stratified random sampling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar siswa di SMP Negeri 4 Bodeh. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa dengan jumlah 334. Karena jumlah populasi lebih dari 100, maka diambil sampel 20 % dari 334 siswa yaitu 66 siswa, dengan rincian: kelas VII, 20 % dari 111 siswa adalah 22 siswa, kelas VII, 20 % dari 86 siswa adalah 17 siswa, dan kelas IX, 20 % dari137 siswa adalah 27 siswa. Adapun teknik analisis data menggunakan analisis korelasi sederhana product moment. Berdasarkan analisis data diperoleh rxy = 0,572. Angka indek korelasi yang diperoleh tersebut tidak bertanda negatif sehingga korelasi antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian guru PAI dengan motivasi belajar terdapat hubungan yang positif diantara keduanya. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang positif antara persepsi siswa terhadap kompetensi kepribadian Guru PAI dengan motivasi belajar siswa. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Dra.Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5358

Actions (login required)

View Item View Item