MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010

ZULFAH JUWARIYAH - NIM. 06420016 , (2011) MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII-A SMP MUHAMMADIYAH 3 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA TAHUN AJARAN 2009-2010. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dan mengetahui efektifitas model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) untuk meningkatkan motivasi belajar bahasa Arab kelas VIII A SMP Muhammadiyah 3 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau classroom action research merupakan suatu pencermatan terhadap kegiatan belajar berupa sebuah tindakan yang sengaja dimunculkan dan terjadi dalam sebuah kelas secara bersamaan. Penelitian ini terdiri dari dua siklus terhadap 38 siswa. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu plan (perencanaan), act (tindakan), observe (pengamatan), dan reflect (refleksi). Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis yang dilakukan secara deskriptif dengan teknik prosentase. Tingkat motivasi siswa dinyatakan dengan kategori sangat tinggi, tinggi, sedang, rendah dan sangat rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan: pertama, proses pembelajaran bahasa Arab melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat berlangsung dengan baik dalam dua siklus dan dilakukan dengan enam tahapan, yaitu persiapan, pembentukkan kelompok (penomoran), mempersiapkan buku paket atau buku panduan, diskusi masalah, memanggil nomor anggota atau pemberian jawaban dan mengambil kesimpulan. Kedua, adanya peningkatan motivasi belajar siswa dari pra tindakan, siklus I dan siklus II. Aspek motivasi siswa meliputi: rasa senang, perhatian dan partisifasi. Pada pra tindakan prosentase sebesar 77,1%, siklus I prosentase mengalami peningkatan menjadi 81,41%, dan siklus II prosentase meningkat menjadi 82,24%. Model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) dapat digunakan jika terdapat permasalahan yang sama dalam tingkat penerimaan dan pemahaman siswa dalam belajar bahasa Arab yang sangat bervariatif. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: DR.H. Nazri Syakur, M.A.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab , Motivasi belajar
Depositing User: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 16:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5363

Actions (login required)

View Item View Item