PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA

ABDUL CHABIB - NIM. 05420022 , (2011) PROBLEMATIKA IMPLEMENTASI KTSP DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI MADRASAH ALIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Latar belakang dalam penelitian ini didorong oleh keingintahuan penulis terhadap pembelajaran bahasa Arab yang menggunakan metode KTSP karena adanya kebijakan Pemerintah yang telah melakukan penyempurnaan KBK menjadi KTSP.Kebijakan tersebut tentunya berimplikasi pada sekolah yang dituntut untuk melaksanakan KTSP, khususnya dalam pembelajaran bahasa Arab. Oleh karena itu, penelitian ini dimaksudkan untuk mendiskripsikan dan menganalisa tentang problematika implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta (Tinjauhan Kesiapan Guru dan Siswa ) pasalnya sebagai produk yang masih hangat diperbincangkan dikalangan dunia pendidikan. KTSP tidak dapat diletakkan dari berbagai problem dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab dilapangan. Adapun problem KTSP yang ada di Madrasah Aliyah Nurul Ummah yaitu kurangnya komponen-komponen yang belum tercapai dan belum terpenuhi dalam pembelajarannya.yang berupa silabus, RPP, program tahunan, program semesteran dll. Pembahasan dalam penelitian ini bersifat kualitatif yaitu suatu penelitian yang dimaksudkan untuk memahami fenomena pembelajaran dengan teknik pengumpulan datanya melalui bentuk bservasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian data tersebut dikelola dengan menggunkan teknis analisis diskriptif kualitatif, yaitu suatu teknik analisis non statistik akan tetapi dengan cara menjelaskan dan mengurai data dengan menggunakan kata-kata. Dalam penelitian ini penyusun mengungkap (1).Problematika implementasi KTSP dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah Nurul Ummah Kotagede Yogyakarta ditinjau dari kesiapan guru ternyata masih kurang siap.Hal tersebut bisa dilihat dari tidak adanya silabus, RPP, program tahunan, program semester.(2).Adapun tinjauhan kesiapan dari murid, mereka sudah cukup siap dengan adanya KTSP. Hal tersebut bisa dilihat dari memilikinya kepahaman tentang KTSP dan memiliki kesadaran tinggi untuk belajar. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information / Pembimbing: Pembimbing: Drs. H. Syamsuddin Asyrofi, M.M.
Uncontrolled Keywords: Bahasa Arab
Depositing User / Editor: Users 1 not found.
Last Modified: 04 May 2012 23:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5371

Actions (login required)

View Item View Item