IMPLEMENTASI MODEL MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I GEGER MADIUN

YULIAN RAHMAWATI - NIM. 0547 0035 (2011) IMPLEMENTASI MODEL MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I GEGER MADIUN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI MODEL MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I GEGER MADIUN)
BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI MODEL MOVING CLASS PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI I GEGER MADIUN)
BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan bagaimana implementasi model moving class dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Hal ini menarik untuk dikaji, karena selama ini dalam kelas-kelas konvensional siswa hanya terpaku berjam-jam pada satu kelas saja dan mengakibatkan timbulnya rasa bosan. Dalam moving class siswa yang mendatangi guru dikelas. Konsep moving class mengacu pada pembelajaran kelas yang berpusat pada anak untuk memberikan lingkungan yang dinamis sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Disamping itu, guru mata pelajaran dapat mengkondisikan ruang/laboratorium sesuai dengan kebutuhan setiap pertemuan tanpa harus terganggu oleh mata pelajaran. Pengelolaan pembelajaran pada moving class sendiri dilakukan secara Team Teaching, dimana ada dua orang guru yang mengajar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar SMA Negeri 1 Geger Madiun. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan pengamatan, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang telah dikumpulkan baru kemudian menarik kesimpulannya. Pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan mengadakan triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Secara garis besar implementasi model moving class dalam pembelajaran PAI bertujuan untuk meningkatkan kualitas proses pembelajaran, meningkatkan efektivitas dan efisiensi waktu pembelajaran, meningkatkan kedisiplinan siswa dan guru, meningkatkan ketrampilan guru untuk memvariasikan metode pembelajaran, meningkatkan keberanian siswa untuk bertanya, menjawab, serta mengemukakan pendapat dan bersikan terbuka pada setiap mata pelajaran, yang terakhir adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajara siswa. Proses pembelajaran PAI dengan model moving class dilaksanakan dengan prosedur tertentu yang meliputi persiapan-persiapan sebelum pelaksanaan pembelajaran sampai kepada proses pembelajaran berlangsung. (2) penerapan model moving class masih dihadapkan pada beberapa masalah yang dapat menghambat pelaksanaannya, di samping juga terdapat beberapa faktor-faktor yang dapat mendukung pelaksanaannya. div

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Pembimbing: Dra. Nadlifah, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Moving Clas , Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Edi Prasetya [edi_hoki]
Date Deposited: 25 Mar 2024 12:16
Last Modified: 25 Mar 2024 12:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/5405

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum